Berita Palembang

Respon Cepat Edaran Dirjen Kemendag RI, Pemkab Muba Revitaliasi 5 Pasar Rakyat Tahun Ini

Terkait adanya edaran Direktorat Jendral Kementerian Perdagangan Dalam Negeri (Kemendag) RI mengenai pendataan dan revitaliasi pasar

Respon Cepat Edaran Dirjen Kemendag RI, Pemkab Muba Revitaliasi 5 Pasar Rakyat Tahun Ini
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Kepala Disperindag Muba, H Zainal Arifin 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

 SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Terkait adanya edaran Direktorat Jendral Kementerian Perdagangan Dalam Negeri (Kemendag) RI mengenai pendataan dan revitaliasi pasar yang ada di Kabupaten/Kota di Indonesia.

Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muba langsung merespon cepat dengan mengeluarkan surat edaran yang ditanda tangani Bupati Muba kepada para Camat di Kabupaten Muba.

Kepala Disperindag Muba, H Zainal Arifin, mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan sejumlah pasar rakyat yang ada di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Muba. Hal tersebut terkait edaran dari Dirjen Kemendag RI No:2607/PDN.2/SD/11/2018 prihal pendataan dan revitalisasi pasar.

Ditunjuk Jadi Kapten Sriwijaya FC di Skuad Darurat, Ini Pengakuan Bobby Satria

Jembatan Setengah Abad Penghubung Dusun di Tungkal Ilir Ini Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Vanessa Angel Resmi Ditahan, Ayahnya Bersedia Jadi Jaminan untuk Penangguhan Penahanan

"Tujuannya dilakukan pendataan pasar ini akan digunakan oleh pihak Dirjen Kemendag RI sebagai basis data dalam pembangunan dan revitaliasi pada tahun beriktunya," ujar Zainal, Rabu (30/1/19).

Lanjutnya, pentingnya pendataan yang dilakukan ini mengingat pasar tradisional sebagai tempat berlangsungnya berbagai transaksi perdagangan antara warga masyarakat sebagai konsumen dengan warga lainnya.

"Kenapa pentingnya di revitaliasi karena selama ini pasar tradisional yang belum dibangun atau direvitalisasi itu biasanya identik dengan tempat yang kumuh, reget, dan becek. Oleh karena itu, adanya pendataan yang dilakukan kita berharap pihak  Dirjen Kemendag dapat membangun pasar tradisional yang ada di Muba,"ungkapnya. 

Begini Tanggapan Singkat Rocky Gerung Terkait Akan Diperiksa Polisi

Terkait Perubahan Nama Masjid Agung Palembang, Ini Jawaban Pihak Bank Mandiri

BUMD Milik Pemkot Palembang Ini Terancam Pailit, Diklaim Pihak Ketiga tak Mampu Bayar Rp 4,4 Miliar

Banyak pasar yang sudah dibangun oleh Pemerintah Pusat seperti di Desa Supat Timur,  Desa Sri Gunung, dan Desa Bero Jaya Timur. Semuanya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Selain itu Pada 2019 ini Pemkab Muba akan merivitaliasi 5 pasar rakyat yang ada di Kabupaten Muba menggunakan DAK. Menurutnya pengelolaan pasar yang baik dapat membuat para pedagang nyaman, begitu juga pembeli juga akan betah apabila semua itu terpenuhi bukan tidak mungkin berdampak pada peningkatan penerimaan dan retribusi daerah," jelasnya. 

===

Tonton Video Terbaru di Youtube SripokuTV!
Dont Forget Like, Comment, Subscribe and Share!
Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved