Berita Musirawas

Dengan Kapasitas 60 Ton Perjam, Pengolahan Limbah Cair Jadi Prioritas Pabrik CPO PT SAS

Dengan kapasitas pabrik 60 ton per jam, maka penanganan limbah cair menjadi prioritas perusahaan pabrik CPO yang berlokasi di Desa Petunang

Dengan Kapasitas 60 Ton Perjam, Pengolahan Limbah Cair Jadi Prioritas Pabrik CPO PT SAS
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Humas PT SAS, Irawan bersama petugas lapangan melakukan pemeriksaan pH air menggunakan alat tes di lokasi kolam penampungan limbah cair terakhir, di PT SAS, Sabtu (26/1/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Pengolahan limbah cair menjadi perhatian PT Selatan Agung Sejahtera.

Dengan kapasitas pabrik 60 ton per jam, maka penanganan limbah cair menjadi prioritas perusahaan pabrik CPO yang berlokasi di Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri tersebut.

"Dalam penanganan limbah cair ini, kami melibatkan akademisi dan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Musirawas. Adapun teknis penanganan limbah kita dengan membangun 21 kolam penampungan. Dimana masing-masing kolam sebagian berukuran 20x100 meter dan sebagian berukuran 20x200 meter," ungkap Humas PT SAS, Irawan, usai melakukan pemeriksaan rutin pengolahan limbah cair pabrik PT SAS, Sabtu (26/1/2019).

Tak Ada Penumpang Akibat Tiket Naik, 639 Penerbangan di Bandara SMB II Dibatalkan

Satres Narkoba Ogan Ilir Gagalkan Transaksi Narkoba Senilai Rp 85 Juta

Kelabui Petugas, Simpan Sabu Dalam Beras Pengedar Narkoba di Pagaralam Berhasil Diamankan

Dikatakan, untuk kolam utama limbah cair, manajemen membangun turap keliling. Hal itu, mengantisipasi kebocoran dan longsor ketika musim penghujan tiba. Selain itu, pembangunan turap dilakukan di kolam penampungan akhir.

Karena, kolam penampungan terakhir itu yang berbatas langsung dengan aliran sungai.

"Kita bangun turap dari kolam penampungan limbah cair berjarak 20 meter. Turap dibangun berdasarkan hasil kajian BLH Kabupaten Musirawas," kata Irawan.

Dijelaskan, perusahaan juga telah membangun kolam penampungan akhir limbah cair yang sudah melalui proses pengolahan limbah.

Hasil Pertandingan Final Indonesia Masters 2019, Marcus/Kevin jadi Juara Usai Duel All Indonesian

Hasil Pertandingan Final Indonesia Masters 2019, Gelar Juara Tunggal Putra Diraih Wakil Denmark

Tips Cara Hapal Alquran Hanya Sebulan Versi Ust H Ali Hasan Mudir Yayasan Daarul Quran As Sudais

Untuk menguji kelayakan atau kontrol terhadap kolam penampungan itu, pihak perusahaan memasukkan biota air, berupa ikan air tawar.

Ini untuk memastikan bahwa air didalam kolam penampungan tersebut layak, aman dan steril untuk kembali ke ekosistem lingkungan sekitar.

Selain itu, petugas juga secara rutin melakukan pengecekan keasaman air di kolam penampungan limbah cair akhir, menggunakan alat tes pengukur pH air.

Tips Cara Hapal Alquran Hanya Sebulan Versi Ust H Ali Hasan Mudir Yayasan Daarul Quran As Sudais

Pemuda 21 Tahun Ditemukan Meregang Nyawa di Bawah Jembatan Ampera, Ini Kata Keluarga Korban

Tips Cara Hapal Alquran Hanya Sebulan Versi Ust H Ali Hasan Mudir Yayasan Daarul Quran As Sudais

"Pengecekan kadar pH secara rutin sangat penting dilakukan. Karena, untuk mengukur tingkat derajat keasaman air. Besar kecilnya nilai pH pada sampel air yang digunakan sebagai parameter utama untuk mengetahui keadaan atau sifat baik buruknya sampel limbah cair tersebut. Kadar pH dinilai dengan ukuran antara 0-14. Sebagian besar persediaan air memiliki pH antara 7,0-8,2. Namun beberapa air memiliki pH di bawah 6,5," ujarnya.

Ditambahkan, dalam pengolahan limbah pihak perusahaan juga menyertai bakteri pengurai dengan dilengkapi teknologi pengelolahan limbah cair. Semua proses pengelolahan limbah cair sesuai aturan yang telah ditentukan.

"Saat ini managemen telah mengajukan izin pengelolahan limbah cair (IPLC) di instansi pemerintah. Pengelolahan limbah cair menjadi prioritas utama kita selain target produksi CPO," kata Irawan.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved