Sumsel Berhasil Tekan Kasus Karhutla 2018 Menko Polhukam Ajak Kepala Daerah Antisipasi Karhutla 2019

"Rakor ini lanjut Menko Polhukam bertujuan untuk mengingatkan kembali dan mencari formasi baru dalam meminimalisir terjadinya bencana alam khususnya

Sumsel Berhasil Tekan Kasus Karhutla 2018 Menko Polhukam Ajak Kepala Daerah Antisipasi Karhutla 2019
Dok. Humas Pemprov Sumsel
Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir Mawardi Yahya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi dan Kewaspadaan Dini Terhadap Potensi dan Dampak Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019. Bertempat di ruang rapat Nakula, Gd. A Lt. VI Kemenko Polhukam Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta, Rabu (23/1). 

SRIPOKU.COM, JAKARTA -- Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir Mawardi Yahya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi dan Kewaspadaan Dini Terhadap Potensi dan Dampak Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019.

Bertempat di ruang rapat Nakula, Gd. A Lt. VI Kemenko Polhukam Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta, Rabu (23/1).

Rakor tersebut dipimpin Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto. Yang dalam sambutannya memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan para kepala daerah dalam menekan terjadinya bencana alam di Indonesia.

Mengingat dampak yang timbul akibat bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu memberikan dampak kerugian yang sangat besar.

Ibu Muda yang Dibunuh Secara Sadis Dengan Cara Dibakar Tinggalkan Satu Balita

Manjakan Pengunjung Dengan Festival Makanan dan Fashion, Ada 50an Stan Kuliner

Video Dua Sahabat Spesialis Curanmor di Parkiran Minimarket Kawasan Plaju di Ringkus

"Rakor ini lanjut Menko Polhukam bertujuan untuk mengingatkan kembali dan mencari formasi baru dalam meminimalisir terjadinya bencana alam khususnya Karhutla," tegasnya.

Dikatakan, berkaca pada bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2017, pada tahun 2018 titik api jauh lebih banyak. Namun upaya yang dilakukan sebagai antisipasi telah berjalan dengan baik. Dengan menyiapkan personil dan peralatan pemadaman. Serta memberikan sosialisasi secara terpadu pada masyarakat.

"Sedangkan untuk antisipasi penanganan karhutla tahun 2019 dilakukan melalui penguatan pengendalian karhutla melalui patroli secara rutin dan terpadu, sosialisasi dan pelatihan pemadaman dan penanggulangan kebakaran," tegas Wiranto.

Sementara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya memberikan gambaran kondisi hotspot 22 Januari 2019 telah terjadi kenaikan jumlah hotspot disejumlah wilayah di Indonesia.

Alex Mundur Sebagai Ketum KONI Sumsel, Dheenie Zainal Jabat Pelaksana Harian

Panitia SSL 2019 Buka Pendaftaran Kategori U-18 dan U-20, Ini Waktu Pendaftarannya

Panitia SSL 2019 Buka Pendaftaran Kategori U-18 dan U-20, Ini Waktu Pendaftarannya

Namun jika dibanding dengan tahun 2015 masih terjadi penurunan secara signifikan jumlah titik api. Dan tidak ada terjadi gangguan asap lintas batas yang menggangu negara tetangga.

"Terima kasih pada para Gubernur yang telah mampu menekan terjadinya Karhutla. Ini membuktikan telah adanya koordinasi dengan baik sesuai dengan intruksi dari Pak Presiden," tegas Siti Nurbaya.

Halaman
12
Editor: Siti Olisa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved