Berita Nasional

Kemendagri Gerak Cepat Bantu Daerah Terkena Bencana. Beberkan Tiga Langkah yang Diambil

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selalu bergerak cepat dalam membantu bencana dan pemulihan pasca bencana.

Kemendagri Gerak Cepat Bantu Daerah Terkena Bencana. Beberkan Tiga Langkah yang Diambil
SRIPOKU.COM/Handout
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Raker dengan DPR RI terkait masalah bencana. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA --- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selalu bergerak cepat dalam membantu bencana dan pemulihan pasca bencana di setiap wilayah yang terkena musibah.

Tercatat ketika terjadi bencana, Kemendagri langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) terkena bencana dan menerjunkan Tim Kemendagri untuk segera membantu daerah bencana mulai dari pembuatan posko bencana, membackup dan memastikan pelayanan pemerintahan daerah, membantu identifikasi korban dan juga berkonsolidasi dengan pemerintah daerah sekitarnya.

Tak lupa, Kemendagri juga telah menginstruksikan Pemda agar penyusunan RPJMD dan RKPD dengan memperhatikan potensi bencana daerahnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo didampingi Bahtiar Baharudin Kapuspen Kemendagri RI membeberkan langkah yang ditempuh Kemendagri setelah mendapatkan kabar terjadinya bencana di suatu daerah.

Hal itu disampaikan Tjahjo di hadapan media setelah mengikuti Raker DPR RI dengan Tim Pengawasan Penanggulangan Bencana DPR RI yang membahas perkembangan penanganan bencana di Provinsi NTB, Sulawesi Tengah, Lampung dan Banten di Gedung DPR-MPR RI Jakarta dalam rilisnya kepada Sripoku.com, Rabu (23/1/2019).

Langkah pertama, Kemendagri langsung berkoordinasi dengan daerah terkena bencana dengan mengirimkan radiogram kepada Pemda terkait untuk segera mengeluarkan surat keputusan darurat bencana sebagai dasar BNPB dan Kementerian terkait. Serta pihak Kemendagri langsung mengrimkan tim untuk memonitoring wilayah bencana.

Dalam Satu Bulan Kawanan Maling Ini sudah 4 Kali Mencuri Motor Mahasiswa di Indralaya Ogan Ilir

Video Pengakuan Pelaku Pembunuhan Inah Antimurti Berbagi Peran, Berikut Masing-masing Perannya

Gelar Ngopi Bareng, Dandim 0402/OKI Sampaikan Pengarahan Kondisi Sosbud Saat Ini

“Langsung kami mengirim radiogram ke daerah setempat, untuk segera mengeluarkan surat keputusan yang berkaitan bahwa daerah itu dalam keadaan darurat bencana," katanya.

Kedua, Kemendagri menginstruksikan diselenggrakannya rapat revisi APBD kepada DPRD dan Pemda untuk memasukkan anggaran pemulihan pasca bencana. Sehingga dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat dan pembangunan/perbaikan sarana umum yang telah rusak.

“Kami punya hak untuk merevisi APBD begitu ada kejadian, kami rapat dengan DPRD dan Pemdanya untuk merevisi APBD-nya," katanya.

Yang ketiga, Kemendagri mengirimkan tim pendampingan yang ditugaskan membantu pelayanan kepada masyarakat untuk mempercepat proses stabilisasi dan pemulihan daerah, termasuk memberikan dana bantuan perbaikan dan pendukung untuk kantor pemerintahan, terutama kantor desa dan kelurahan yang terkena dampak.

“Langsung kami mengirimkan tim pendampingam agar pelayanan masyarakat bisa berjalan dengan baik, termasuk membantu desa dan kelurahan supaya fungsi pelayanan di desa dan kelurahan bisa berjalan dengan baik," pungkasnya. (Rilis/Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved