Merasa Betah Tinggal di Palembang, Pria Asal India Ini Memutuskan Menjadi Warga Negara Indonesia

Pria asal India ini secara sah dan resmi menjadi WNI setelah diambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel

Merasa Betah Tinggal di Palembang, Pria Asal India Ini Memutuskan Menjadi Warga Negara Indonesia
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA, HANDOUT
Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel yang memberikan surat sumpah kepada Ganesa Nanda Kumar yang secara resmi menjadi WNI dari WNA India di Kantor Kanwil Kemenkumham Sumsel Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Selasa (22/1/2019) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Raut wajah Ganesa Nanda Kumar, tersenyum sumringah setelah akhirnya secara resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Pria asal India ini secara sah dan resmi menjadi WNI setelah diambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Selasa (22/1/2019).

Pengambilan sumpah sebagai WNI dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Sudirman D Hury.

Perjalanan Ganesan Nanda Kumar dari WNA India menjadi WNI cukup panjang. Ganesan Nanda Kumar atau akrab disapa Kumar sudah tinggal di Indonesia  sejak tahun 2001.

Kemudian pada tahun 2014, Kumar memutuskan untuk menjadi WNI.

Striker Gaek Ini Terima Panggilan Manajemen Sriwijaya FC, Langsung Siap Turun di Piala Indonesia

HD : Jalan Palembang-Betung Itu Jalan Negara, Anggarannya Rp 200 Miliar Untk Perbaikan & Pelebaran

HD Ingatkan Jangan Ada Pencemaran Lingkungan

"Banyak alasan saya menjadi warga negewra Indonesia. Indonesia membuat saya merasa betah dan seperti tinggal di negara sendiri. Sebetulnya masih banyak alasan saya untuk menjadi warga negara Indonesia," ujar Kumar.

Ditanyai alasan yang paling menjadi landasannya untuk bertekad atau memutuskan sebagai WNI, Kumar mengatakan, alsannya karena orang Indonesia itu sangat ramah. Selain itu juga makananya yang enak dan hal yang lainnya.

"Saya tahu konsekuensinya yakni melepaskan status sebagai warga India, tapi ini sudah menjadi pilihan saya dan sebelumnya sudah saya pikirkan secara matang," ujar Kumar.

Mengenai istri dan anaknya yang kini masih berada di India, Kumar mengatakan, kemungkinan besar keluarganya juga akan diajak untuk menjadi WNI. Namun persyaratannya belum bisa terpenuhi, karena syarat utamanya yakni harus tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut.

Kumar tinggal di Palembang sejak tahun 2004. Kumar memiliki usaha tempat pendidikan yang berada di Tanjung Api-api. Sebelumnya tinggal pertama di Indonesia yakni di Bali dan barulah kemudian pada tahun 2004 pindah ke Palembang.

Wisata Religi Pura Khayangan Swarna Dwipa. Pengunjung : Suasananya Seperti di Bali

PATUT DIWASPADAI, Tanda dan Gejala Demam Berdarah Tak Lagi Keluar Bintik Merah Tapi Ini

Video Pelaku Hipnotis Jual 3 Suku Kalung Imitas, Nasution Merengek Diamankan Petugas

"Usaha tempat pendidikan anak sekolah dini berada di Tanjung api-api dengan nama perusahaan Global Widya dengan nama Sun Kids, saya mendirikan TK tersebut pada tahun 2005. Saya senang menjadi warga negara Indonesia. Syrata dan prosesnya tidak sulit," ujar Kumar yang selalu tersenyum  sumringah.

Kepala Kanwil Kemenhumham Sumsel Sudirman D Hury mengatakan, pengambilan sumpah WNA menjadi WNI melalui proses permohonan. Kewarganegaraan ini bisa didapat jika ia telah memenuhi syarat yakni berdasarkan ketentuan Pasal 9 UU Kewarganegaraan.

Salah satunya yakni telah berusia 18 tahun atau sudah kawin dan pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut.

"Sejauh ini WNA yang sudah menjadi WNI untuk di wilayah Sumsel baru satu orang sejak tahun 2015. Memang untuk menjadi WNI itu diambil sumpah dan wajib mengikuti aturan yang ada di Indonesia," ujar Sudirman D Hury.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved