Berita Muaraenim

KPU Muaraenim Lantik 40 Anggota PPK, Berikut Fungsi dan Lama Masa Tugasnya

Ketua KPUD Muaraenim Rohani SH yang didampingi anggota KPUD Muaraenim, Bawaslu Muaraenim, intansi terkait serta 40 anggota PPK se-Kabupaten Muaraenim

KPU Muaraenim Lantik 40 Anggota PPK, Berikut Fungsi dan Lama Masa Tugasnya
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUD) Muaraenim Rohani SH, melantik 40 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Muaraenim di aula Kantor KPUD Muaraenim, Rabu (2/2019)

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muaraenim melantik 40 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Muaraenim di aula Kantor KPUD Muaraenim, Rabu (2/1/2019)

Pelantikan tersebut dilantik langsung oleh Ketua KPUD Muaraenim Rohani SH yang didampingi anggota KPUD Muaraenim, Bawaslu Muaraenim, intansi terkait serta 40 anggota PPK se-Kabupaten Muaraenim.

Menurut Rohani, tugas PPK dalam penyelenggaraan pemilihan umum tidaklah ringan.

Untuk itu, perlu keseriusan dan keihklasan serta tanggung jawab untuk menjalankan tugas sesuai dengan tahapan Pemilu yang telah direncanakan, agar pelaksanaan Pemilu 2019 dapat terselenggara dengan baik dan sukses.

Selain itu juga, dalam bertugas PPK dapat menjelaskan dengan sedetil mungkin, sehingga bagi calon pemilih dapat memperoleh informasi secara benar dan gamblang.

BREAKING NEWS : Pendaki Gunung Dempo Dikabarkan Hilang, Naik ke Puncak Sejak 28 Desember 2018

Penerimaan Mahasiswa PTN se-Nasional Dipercepat, Berikut Jadwal Penting SNMPTN 2019

Pemkot Pagaralam Umumkan Hasil Akhir CPNS, Download Hasilnya dan Juga Syarat Pemberkasannya

Sehingga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya dengan baik dan benar, secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

Dan yang tidak kalah pentingnya, meminta kepada seluruh anggota PPK untuk terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.

Dikatakan Rohani, dengan ditambahkannya calon PPK sebanyak dua orang ditiap kecamatan, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan lancar dan sukses, penambahan Anggota PPK ini menindaklanjuti

Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor : 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 tanggal 5 November 2018 perihal proses penambahan jumlah anggota PPK pada Pemilu tahun 2019 Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 31/PUU-XVI/2018.

Adapun masa kerja Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan adalah selama enam bulan, terhitung bulan Januari sampai Juni 2019.

Dalam mengambil keputusan, lanjut Rohani, PPK hendaknya berpegang pada aturan dan perundangan-undangan yang berlaku.

Tiga Mahasiswa Teknik Ini Akhirnya Berhasil Rancang JPO yang Ramah dan Nyaman Bagi Difabel

Bupati Lahat Cik Ujang Absensi ASN, Ternyata Banyak ASN yang tak Masuk Kerja Pasca Libur Tahun Baru

Anggota PPK juga harus memahami kode etik sebagai penyelenggara pemilihan umum, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksana pemilihan umum yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hasil pemilu.

Sebab pada Pemilu kali ini, tugas PPK sangat banyak ada beberapa pemilihan yakni pemilihan Presiden, DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI.

Banyak sekali yang harus diawasi, dan jangan bermain-main, karena selain diawasi Bawaslu tetapi oleh masyarakat.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved