Berita Palembang

Dugaan Maladministrasi dan Penyimpangan Proses Seleksi Calon Anggota KPU, Ombudsman Akan Lakukan Ini

Terkait adanya aduan masyarakat mengenai masalah dugaan maladministrasi dan penyimpangan pada proses pelaksanaan seleksi calon

SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Kepala perwakilan Ombudsman RI wilayah Sumatera Selatan, M. Adrian Agustiansyah, Minggu (30/12). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG — Terkait adanya aduan masyarakat mengenai masalah dugaan maladministrasi dan penyimpangan pada proses pelaksanaan seleksi calon anggota KPU di Kabupaten Ogan Ilir, Oku Selatan dan Kota Lubuk Linggau Tahun 2018. 

Lembaga negara pengawas penyelenggara pelayanan Publik Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) berencana memanggil ketua dan anggota Timsel I dan II Calon Anggota KPU se-kabupaten/kota  Sumatera Selatan.

Lakukan Razia Narkoba, Petugas Gabungan Tes Urin Pengunjung Tempat Hiburan Malam

Video Razia Tempat Hiburan Malam di Palembang Jelang Tahun Baru, Ini Temuan Petugas

Kepala Perwakilan Ombudsan Sumsel, M. Adrian Agustiansyah mengatakan, pihaknya berencana akan memanggil ketua dan anggota Timsel I dan II Calon Anggota KPU se Sumsel, karena menindak lanjuti maladministrasi dan penyimpangan proses seleksi.

“Kita dapat aduan surat pemanggilan sudah kita layangkan, pemanggilan dijadwalkan tanggal 3 Januari 2019 dikantor Ombudsman,” jelasnya beberapa saat lalu.

Ombudsman telah menerima laporan sebanyak tiga pelapor yang secara langsung menyampaikan laporannya, dengan masing-masing mengeluhkan tindakan Maladministrasi berupa penyimpangan prosedur,  penyalahgunaan wewenang,  ketidakprofesionalan dan ketidaktransparanan yang dilakukan oleh Timsel KPU terhadap proses seleksi calon anggota KPU yang telah berjalan. 

Pra Porprov & PON, 6 Kabupaten Kota Ikuti Pra Kompetisi Panahan

Bantu Korban Tsunami Banten & Lampung, Pengajian Rutin Bulanan Jadi Ajang Penggalangan Dana

Wong Kito Ketiban Rejeki 2 Unit Sepeda Motor Gosok-gosok Pasti Win

“Panggilan ataupun klarifikasi ini sebagai bentuk hak jawab dari Timsel untuk memberikan informasi atau keterangan yang saat ini telah menjadi objek pemeriksaan,” ujarnya.

Nantinya, fokus Ombudsman akan menggali mulai dari tahapan-tahapan seleksi administrasi sampai terpilihnya 10 besar calon anggota KPU tersebut, tentunya penggalian tersebut juga didasari dengan dokumen atau alat bukti yang dikumpulkan baik didapat dari timsel selaku terlapor atau pihak lain yang dianggap berkompeten dengan laporan.

“Akan di panggil dan data-data yang ada akan kita jadikan sebuah kesimpulan lebih lanjut,” ujar Adrian.

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved