Berita OKU Timur

Kisah Sukses Bupati OKU Timur, Pernah Jadi Tukang Bangunan & Penjual Pasir

Lika-liku kehidupan yang dijalani HM Kholid MD Ssos Msi yang saat ini menjabat sebagai Bupati OKU Timur mungkin tidak berbeda

Kisah Sukses Bupati OKU Timur, Pernah Jadi Tukang Bangunan & Penjual Pasir
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Bupati OKU Timur, HM Kholid MD 

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA -- Lika-liku kehidupan yang dijalani HM Kholid MD Ssos Msi yang saat ini menjabat sebagai Bupati OKU Timur mungkin tidak berbeda dengan kehidupan masyarakat biasa yang bekerja keras banting tulang hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membantu orangtua untuk menyelesaikan pendidikan adik-adiknya.

Diwawancarai saat waktu luang, HM Kholid MD menceritakan dengan gamblang bagaimana perjalanan hidupnya sejak menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Departemen Dalam Negeri (Depdagri) pada tahun 1982 dan ditempatkan di kantor PMD wilayah Baturaja OKU, (belum ada pemekaran OKU Timur).

Selain menjadi pegawai di kantor PMD Baturaja, Kholid juga mulai membantu pergerakan partai Golongan Karya (Golkar) yang pada saat itu seluruh pegawai memiliki keharusan untuk menjadi anggota Partai.

Meski tidak ada jabatan, namun Kholid tetap membantu laju perkembangan partai Golkar dengan bimbingan dari Komarudin Muid.

Bahkan Kholid mengaku sempat menjadi anggota DPRD Kabupaten OKU priode tahun 1997-1999.

Keluarga Bupati OKU Timur, HM Kholid MD
Keluarga Bupati OKU Timur, HM Kholid MD (SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA)

Setelah orde baru, Kholid kemudian melanjutkan kembali karir PNS-nya dengan menjadi Kasi PUGR PMD Kabupaten OKU yang dilanjutkan dengan terpilihnya menjadi camat di Kecamatan Madang Suku I Kabupaten OKU hingga kemudian OKU Timur memekarkan diri.

Kiprahnya sebagai kyai yang kerap menjadi penceramah dan memberikan wejangan kepada masyarakat tentu saja menjadi nilai tambah sehingga membuatnya dipinang menjadi wakil bupati oleh beberapa kandidat yang akan maju pada pilkada langsung setelah pemekaran OKU Timur pada tahun 2005.

Setelah melakukan rapat keluarga yang sangat panjang, Kholid kemudian memutuskan untuk menjadi wakil H Herman Deru kendati seluruh calon sudah meminang dan memintanya untuk berpasangan.

Namun Kholid tetap memutuskan untuk menjadi wakil Herman Deru untuk maju sebagai wakil bupati priode 2005-2010.

Halaman
1234
Penulis: Evan Hendra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved