Berita Palembang

Atasi Kekurangan Lapas, Kemenkumham Bangun 2 Bapas Baru di Kabupaten Ini

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam waktu dekat akan menambah dua Balai Pemasyarakatan (Bapas)

Atasi Kekurangan Lapas, Kemenkumham Bangun 2 Bapas Baru di Kabupaten Ini
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Kakanwil Kemenkumham Sudirman D Hury saat ditanyai mengenai penambahn Bapas Baru, Kamis (20/12). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dalam waktu dekat akan menambah dua Balai Pemasyarakatan (Bapas) di dua wilayah Kabupaten, di Sumatera Selatan yakni, Bapas, Baturaja dan Sorolangun Rawas.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham, Sudirman D Hury saat ditemui di kantor kemenkumham, Kamis (20/12).

Menurutnya, penambahan lapas tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan lapas yang hingga hari ini masih sangat kurang.

"Dalam waktu dekat awal 2019 kita akan meresmikan dan mengoperasikan Bapas baru di dua lokasi Baturaja dan Sorolangun Rawas. Mudah-mudahan dapat membantu pendampingan warga binaan," ujarnya.

Dikatakan Sudirman, saat ini kondisi 20 unit Lapas dan Rutan di wilayah Sumsel sudah over kapasitas. Daya kapasitas hanya dapat menampung secara keseluruhan, warga binaan sekitar 6 ribuan orang.

"Kami ingin menambah lebih banyak lagi Bapas. Bahkan sampai saat ini pemerintah daerah dan kota sudah banyak menghibahkan lahan, namun keterbatasan anggaran membuat Bapas baru belum bisa terealisasikan," jelasnya.

Tidak hanya penambahan Bapas, Kakanwil juga akan menambahkan 30 orang penjaga lapas baru yang disaring lewat penjaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk mengisi kekurangan penjaga lapas.

"Untuk personil lapas baru akan disaring dari seleksi CPNS kemarin, yang insyaallah akan kami panggil awal tahun untuk mulai bertugas mengisi kekurangan penjaga lapas di dua lokasi lapas yakni, Sorolangun rawas dan Martapura," ungkapnya.

Sementara, untuk menyambut libur natal 2018, Kemenkumham juga memberikan remisi pengurangan masa tahanan kepada 30 orang.

"Remisi ini sering kita lakukan baik pada libur natal, tahun baru, maupun lebaran. Untul nalal ini ada 30 orang," ungkapnya. 

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved