Berita Palembang

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kodam II Sriwijaya siap backup Polda Sumsel

Kodam II Sriwijaya bersama Polda Sumsel melakukan pertemuan membahas pengerahan personil ke gereja-gereja

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kodam II Sriwijaya siap backup Polda Sumsel
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial usai bertemu Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, di Mapolda Sumsel, Rabu (19/12). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kodam II Sriwijaya bersama Polda Sumsel melakukan pertemuan membahas pengerahan personil ke gereja-gereja, agar pelaksanaan peribadatan Natal serta Misa dapat berjalan lancar. Para personil gabungan nantinya disebar untuk mengamani gereja yang ada.

Tak hanya personil pengamanan di gereja-gereja, Kodam II Sriwijaya akan mengerahkan prajurit Yonif Raider sebagai pasukan anti Teror dalam pengamanan pelaksanaan Natal. Begitupun juga dengan Polda Sumsel yang sudah menyiapkan pasukan anti Teror bila nantinya dibutuhkan dalam kondisi yang tidak terduga dan akan mengerahkan Brimob.

Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial menuturkan, dari arahan Panglima TNI, Kapolri, serta Menko Polhukam khusus pengamanan Natal dan tahun baru dilakukan secara bersinergi.

Film SAY I LOVE YOU, Terinspirasi Kisah Cinta SMA Selamat Pagi Indonesia yang Penuh Intrik

Kecamatan Alang Alang Lebar Kembali Menjadi Kecamatan Terbaik 2018

Minimalisir Banjir di Palembang, Pasang Box Saluran Air di Jalan Protokol

Pengamanan juga dilakukan di lokasi rawan seperti Lahat dan wilayah rawan lain yang ada di Sumsel. Sehingga, pelaksanaan natal dan tahun baru bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Untuk Kodam mengerahkan 400 personil di wilayah Sumsel. Ini untuk membantu Polda dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Antisipasi terus dilakukan, termasuk menyiapkan pasukan anti teror dari Yonif Raider," ujarnya usai bertemu Kapolda Sumsel di Markas Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Rabu (19/12).

HUT Dharma Wanita Persatuan, Febrita Herman Deru Ajak Ibu-Ibu Tekan Kasus Stunting

Peringati Hari Bela Negara, Pemkab Muaraenim Lakukan Sinergi Sipil - Militer Jaga NKRI

Peringati Hari Bela Negara, Pemkab Muaraenim Lakukan Sinergi Sipil - Militer Jaga NKRI

Namun, Jenderal bintang satu ini juga mengharapkan peran serta seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Karena, menjaga keamanan dan ketertiban, tidak hanya dapat dilakukan TNI dan Polri semata tanpa dukungan dari masyarakat.

Sementara, sebelumnya Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengungkapkan, untuk mengamankan perayaan Natal, Polda Sumsel akan menurunkan sebanyak 2.459 personil. Tidak hanya menerjunkan anggota Polda, tetapi juga seluruh Polres dan Polsek yang ada di jajaran Polda Sumsel.

"Guna mengantisipasi aksi teror dan bentuk ancaman kejahatan lainnya, juga disiapkan anggota anti Teror dari Brimob. Tujuannya,
agar umat Kristiani dapat melaksanakan perayaan natal secara aman dan lancar," ujarnya, Rabu (19/12).

Satukan Suporter, Klub Sriwijaya FC Luncurkan Aplikasi Kito Sriwijaya

Satukan Suporter, Klub Sriwijaya FC Luncurkan Aplikasi Kito Sriwijaya

Targetkan Zero Insiden Saat Perayaan Natal & Tahun Baru, Polres Musirawas Siapkan 2 Pos Pengamanan

Personil yang akan diturunkan untuk pengamanan satu gereja dan tempat keramaian berkisar 5 hingga 10 personil. Namun, personil bisa bertambah tergantung dari kapasitas gereja.

Pengamanan juga direncanakan akan dilakukan secara ketat di setiap gereja yang akan melaksanakan misa natal. Pintu metal detektor dan pemeriksaan, juga akan dilakukan. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum masuk ke dalam komplek gereja.

"Untuk Gereja paling banyak ada di Palembang sebanyak 76 gereja, sisanya di wilayah Sumsel lainnya. Nantinya, pengamanan akan dilakakun saat prosesi kebaktian," jelasnya.

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved