Breaking News:

Berita Palembang

Fasilitas Belajar di Sekolah Harus Mengakomodir Anak Berkebutuhan Khusus

Hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi anak-anak di Sumsel terus diperhatikan.

SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana hari pertama sekolah di SDN 58 Palembang, Senin (16/7/2018). Gambar hanya ilustrasi. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bagi anak-anak di Sumsel terus diperhatikan.

Termasuk bagi mereka yang merupakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Kini, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan pun mulai memperhatikannya serta mengusahakan yang terbaik khususnya kepada ABK.

Selain bertujuan menciptakan ABK cerdas, harapan lain yakni mengadakan sekolah inklusif yang mampu menerima setiap siswa tanpa terkecuali.

Terkait rencana tersebut, Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Bonny Syafriyan, mengharapkan setiap sekolah dapat menjadi sekolah inklusif yang berarti sekolah tersebut bisa menerima siapa pun, termasuk ABK yang mau bersekolah di sekolah umum.

"Walau dalam hal ini masih dipertimbangkan juga hal yang teknis, tetapi disini sangat kita harapkan bangunan-bangunan SMA di Sumsel ini akomodatif untuk anak berkebutuhan khusus,” ujar Bonny saat dikonfirmasi Sripoku.com via telepon, Rabu (19/12/2018).

Bonny menambahkan, saat ini pihaknya akan terus mendorong siswa-siswa yang berkebutuhan khusus agar dapat terus melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi.

"Kita telah melaksanakan program piloting, dimana guru-guru SD, SMP dan SMA telah diberikan pembekalan bagaimana menangani siswa berkebutuhan khusus."

"Keterbatasan mereka harus diminimalisir dan harus dimengerti oleh gurunya, sehingga pendidikan yang mereka dapat bisa mencapai apa yang diinginkan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved