Berita Palembang

DPR RI Ingatkan Penyedia Jasa Umroh Harus Menyiapkan Petugas Kesehatan di Setiap Rombongan

Untuk itu, Perwakilan Komisi VIII DPR RI, Iqbal Romzi meminta agar setiap penyelenggara perjalanan umroh untuk dapat menyediakan petugas

DPR RI Ingatkan Penyedia Jasa Umroh Harus Menyiapkan Petugas Kesehatan di Setiap Rombongan
Sripoku.com / Rahmad Zilhakim
Rupiah Melemah Travel Umroh Terpaksa Naikan Tarif 1 Juta 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Lamanya waktu tunggu untuk melaksanakan ibadah haji, membuat tren perjalanan haji kecil (umroh) terus meningkat setiap tahunnya, tak terkecuali di Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk itu, Perwakilan Komisi VIII DPR RI, Iqbal Romzi meminta agar setiap penyelenggara perjalanan umroh untuk dapat menyediakan petugas kesehatan dalam setiap rombongan jemaah yang berangkat, mengingat tak sedikit jemaah umroh dengan usia lanjut yang berangkat.

"Karena peminat umroh ini banyak, layanan tentu harus ditingkatkan. Apa yang menjadi kewajiban dan hak mereka harus dipenuhi. Misal dalam rombongan harus ada tenaga kesehatan, karena dalam menjalankan ibadah akan lebih baik dalam kondisi sehat. Jadi bukan hanya untuk ibadah haji saja tapi juga perjalanan umroh," jelasnya, Rabu (19/12/2018).

Jadwal Pertandingan Supercoppa Italia 2018, Juventus vs AC Milan

Perbaikan Jalan di Sumsel Telan Dana Rp 3 Triliun Lebih, HD: Lah Terlaluan Nian Kalu Idak Bagus

Minimalisir Aksi Ilegal Drilling hingga Ilegal Mini Refinery, Muba Bangun Storage Minyak Mentah  

Selain itu, semua jemaah umroh yang ada dalam rombongan haruslah benar-benar mendapatkan bimbingan yang yang syar'i, jangan sampai apa yang mereka keluarkan baik biaya, waktu dan tenaga tak sesuai dengan pelayanan yang mereka dapatkan.

"saya berharap karena ini adalah bagian dari ibadah, janganlah banyaknya peluang masyarakat yang ingin umroh menjadi wadah untuk melancarkan penipuan. Soal harga memang bervariatif, masyarakat silakan pilih ada rupa ada harga. Namun pastikan, pelayanan dan kenyamanan jemaah umroh harus diperhatikan oleh penyelenggara," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Selatan, Alfajri Zabidi mengungkapkan, tercatat di tahun 2018 ini ada 29 ribu orang yang melaksanakan ibadah umrah.

Herman Deru: Kepala Daerah Harus Aktif Jaga Kelestarian Alam, Siswa Baru dan Catin Wajib Tanam Pohon

Polres Banyuasin Himbau Tidak Boleh Ada Praktek Permainan Mengarah ke Perjudian di Pasar Malam

Herman Deru Maksimalkan Program Satu Desa Satu Rumah Tahfidz, Cetak Insan Cinta Al-Quran

"Trennya setiap tahun meningkat, namun saya lupa berapa besaran peningkatanya. Apalagi saat ini sudah ada penerbangan langsung yang lebih prkatis. Masyarakat kan suka yang praktis. Selain itu juga dari sisi biaya, pelayanan dan ibadah jadi lebih khusuk," ujarnya.

====

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved