Ketika Gas Bumi PGN Jadikan UMKM Sebagai Primadona

Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan, Yan Sulistiyo mengatakan, usaha mikro kecil dan menengah saat ini bahkan menjadi penopang fundamental

Ketika Gas Bumi PGN Jadikan UMKM Sebagai Primadona
sripoku.com/zaini
Instalasi gas alam rumah tangga masih terawat dengan baik dan kokoh melayani warga rumah susun (rusun) sejak 15 tahun lalu di Kelurahan 26 Ilir Kota Palembang, Sabtu (15/12/2018) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Siti Olisa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dalam perjalanan keberadaanya, usaha mikro kecil dan menengah kurang mendapat perhatian pemangku kebijakan.

Bahkan mereka seakan dipandang sebelah mata, karena semua terpesona dengan perusahaan besar.

Namun krisis ekonomi pada tahun 1997, membuka semua mata, karena usaha mikro kecil dan menengahlah justru masih dapat bertahan dari krisis.

Usaha mikro kecil dan menengah bahkan mampu tumbuh di tengah banyaknya perusahaan besar gulung tikar.

Sejumlah bank-bank tutup dan pengusaha harus membayar hutang-hutang dengan jumlah besar.

Menyadari hal ini, usaha mikro kecil dan menengah ini mulai dilirik dan dikembangkan oleh pemerintah sampai saat ini. Usaha Kecil Mikro dan Menengah layaknya kini menjadi primadona.

Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan, Yan Sulistiyo mengatakan, usaha mikro kecil dan menengah saat ini bahkan menjadi penopang fundamental atau motor penggerak perekenomian di Indonesia, karena mampu menyumbang perekonomian nasional sampai 86 persen.

Terlebih saat ini keberadaan unit usaha kecil dan menengah besar ini di Indonesia mencapai 70 sampai 73 persen dari total unit usaha yang ada.

Maka jika usaha mikro kecil dan menengah ini sudah tumbuh merata di Indonesia maka otomatis dapat membantu pemerintah dari sisi penyerapan tenaga kerja dan perekonomian.

Halaman
1234
Penulis: Siti Olisa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved