Kabel di Gasak Maling, LPJU Jalan Lingkar Gelap Gulita

Meskipun infrastruktur telah beberapa diperbaiki, akses jalan lingkar perkantoran Pemkab Banyuasin masih sepi dilalui penguna jalan pada malam hari. H

Kabel di Gasak Maling, LPJU Jalan Lingkar Gelap Gulita
SRIPOKU.COM/ ALAN NOPRUANSYAH
Lampu Jalan : Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tidak berfungsi karena saluran kabel di gundul maling, Kamis (13/12/2018). 

 

Laporan Wartawan, Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, BANYUASIN--Meskipun infrastruktur telah beberapa diperbaiki, akses jalan lingkar perkantoran Pemkab Banyuasin masih sepi dilalui penguna jalan pada malam hari. Hal itu disebabkan lampu penerangan jalan umum (LPJU) disepanjang jalan tersebut rawan di gondol maling.

Diungkapkan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Perkimtan Banyuasin Ady Rosadi mengatakan jika LPJU disepanjang jalan sudah lama tidak berfungsi, yang disebabkan kabelnya hilang dicuri maling.

"Kejadiannya sudah lama, akibatnya LPJU tidak bisa berfungsi sehingga pada malam hari gelap gulita,"ujar Ady Rosadi kepada wartawan, Kamis (13/12/2018).

Akibat kejadian itu, Pemkab Banyuasin rugi mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Dikatakan Adi, pihaknya telah melaporkan kepada pihak Polres Banyuasin, menurutnya sebelumnya sudah sering terjadi, terkait kabel LPJU yang hilang dicuri maling.

"Kita juga tak menyangka kabel LJPU ini akan hilang dicuri maling karena fasilitasnya dekat dengan perkantoran Pemkab Banyuasin. Kita berharap pelakunya segera ditangkap,"harapnya.

Akibatnya ditahun mendatang , dia mengatakan telah mengusulkan anggaran perbaikan LPJU kepada Bupati Banyuasin. Namun dengan metode pemasangan kabel yang berbeda.
"Sesuai usulan kita, kedepan pemasangan kabel tidak lagi ditanam ke tanah, akan tetapi digantung ketiang LPJU untuk menghindari agar kabel tidak dicuri maling lagi,"katanya.

Terpisah Soni warga Rantau Bayur mengeluhkan padamnya LPJU di malam hari karena membuat para penguna jalan khawatir melintas.
“Setiap melintas dijalan tersebut, selalu was-was tindak kejahatan, apalagi di malam hari karena tidak ada penerangan jalan,”katanya.

Menurutnya, lampu penerangan sangat bermanfaat diwaktu pada malam hari sebagai sarana pendukung jalan lingkar yang telah diperbaiki. "Jika ada lampu jalan penguna jalan yang melintas merasa nyaman, aman dan terhindar dari tindak kejahatan,”pungkasnya.

=====

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved