Sebuah Video Ungkap Bagaimana Bentuk Visual dari Musik

Musik adalah sesuatu yang tidak kasat mata dan hanya bisa dinikmati melalui indera pendengaran. Namun dengan menggunakan busur biola, pelat logam,

SRIPOKU.COM - Musik adalah sesuatu yang tidak kasat mata dan hanya bisa dinikmati melalui indera pendengaran.

Namun dengan menggunakan busur biola, pelat logam, dan secangkir couscous kering, seorang vlogger Youtube mampu menunjukkan bentuk visual dari musik.

Berita Lainnya:
Sahilin, Sang Legenda Musik Batanghari Sembilan yang Tetap Eksis di Zaman Milenial
Cara Bermain Biola untuk Pemula Lengkap dengan Video Tutorial, Tak Harus Ikut Les Musik

"Ini adalah distribusi couscous yang berantakan. Tetapi ketika saya mengambil busur biola, dan saya memainkan ini seperti instrumen, distribusi couscous yang berantakan ini akan menjadi jelas dan berpola," jelas Steve Mould yang mengunggah videonya dua tahun lalu.

Dilansir dari IFL Science pada Jumat (30/11/2018), hal tersebut terbukti ketika Mould menggesek busur di tepi pelat logam.

Ketika digesek, terlihat biji-biji couscous bergetar dan membentuk sebuah pola geometris yang sangat memukau. Hal berbeda pun muncul ketika Mould menggesek busur biola di tempat lain yang akan menghasilkan nada yang berbeda dan pola-pola baru.

Menurut Mould dalam videonya, hal ini terjadi akibat dari dinamika gelombang yang diciptakan oleh busur biola.

"Jika kamu melihat pelat di sini, bagian-bagian yang bergerak menggeser couscous ke sekitarnya, sampai couscous menemukan bagian dari pelat yang tidak bergerak, dan membentuk pola," ujar Mould.

Eksperimen ini sebenarnya sudah ditemukan lebih dari 300 tahun lalu. Fenomena ini pertama kali ditemukan pada 1680 oleh ilmuwan produktif bernama Robert Hooke. Hooke dalam praktinya menggunakan metode yang hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh Mould.

Lebih dari satu abad kemudian, yakni pada 1787, eksperimen Hooke diulangi oleh fisikawan dan musisi Ernst Chladni. Akan tetapi, meski ia bisa menghasilkan pola-pola tertentu, alasan logis dan matematis masih bisa belum dijelaskan.

Halaman
12
Tags
Musik
video
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved