Berita Lahat

Kapolres Lahat : Jelang Tahun Baru Waspadai Peredaran Uang Palsu

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK didampingi Paur Humas Aiptu Lispono mengatakan, memang momen jelang perayaan natal dan tahun baru, masyarakat

Kapolres Lahat : Jelang Tahun Baru Waspadai Peredaran Uang Palsu
SRIPOKU.COM/dokumen
Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap S.Ik 

Laporan wartawan Sripoku.com, Edhi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Sejalan dengan ditemukanya uang palsu (Upal, warga lahat dihimbau untuk tetap lebih waspada dan hati-hati.

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK didampingi Paur Humas  Aiptu Lispono mengatakan, memang momen jelang perayaan natal dan tahun baru, masyarakat diminta untuk mewaspadai peredaran uang palsu alias upal.

Dikarenakan peredaran upal meningkat, saat memasuki hari besar. Terlebih lagi anggota Polsek Kikim Selatan Polres Lahat, telah menemukan satu lembar upal pecahan Rp 100 ribu yang beredar ditangan masyarakat Desa Pagar Jati, Kecamatan Kikim Selatan.

“Biasanya oknum tertentu, memang memanfaatkan momen ini. Untuk melancarkan aksinya, biasanya melalui transaksi perdagangan. Seperti di pasar tradisional, dan warung-warung,”ujarnya, Senin (10/12/2018).

Kejari Lahat Bakar Upal dan Narkoba

Sebanyak Rp 120 Juta Upal Telah Beredar

Transaksi Non Tunai Hindari dari Beredarnya Uang Palsu, BI Tetap Waspada

Lanjutnya, agar tidak mudah dicurigai, pelaku penyebar upal ini menggunakan anak-anak, untuk disuruh bertransaksi. Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk lebih cermat ketika menerima uang tunai, dengan cara 3D (dilihat, diraba, diterawang red).

“Masyarakat baik pembeli maupun penjual, harus lebih hari-hati dan jeli jangan sampai tertipu, karena uang palsu tidak bisa diganti. Jadinya masyarakat sendiri yang bakal rugi,” terangnya.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved