Berita Musi Banyuasin

Peduli Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Dodi Reza Dinobatkan sebagai Kepala Daerah Berinovasi

Dodi Reza akan dinobatkansebagai Kepala Daerah yang telah berupaya melakukan inovasi/ terobosan baru untuk Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan

Peduli Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Dodi Reza Dinobatkan sebagai Kepala Daerah Berinovasi
IST/NET
Peresmian Replanting Kelapa sawit oleh Presiden RI Jokowi di Sungai Lilin pada 13 Oktober 2017 silam. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Program Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin dalam mewujudkan Sustanaible Development atau Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan diakui oleh Kementerian Pertanian.

Hal ini dibuktikan dengan akan dinobatkannya mantan anggota DPR RI dua periode tersebut sebagai Kepala Daerah yang telah berupaya melakukan inovasi/ terobosan baru untuk Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan di Musi Banyuasin.

Hal ini merujuk pada surat resmi dari Direktorat Jenderal Kementerian Pertanian Nomor: 1330/TU.020/E/12/2018 perihal undangan yang ditujukan kepada para bupati yang akan menerima penghargaan pada puncak Hari Perkebunan ke-61 tahun 2018.

Para bupati yang akan diberi penghargaan dimaksud adalah mereka yang telah berupaya dan telah berhasil melakukan inovasi/terobosan baru untuk pembangunan perkebunan didaerahnya.

Tercatat, hanya 18 Bupati yang diundang untuk menerima penghargaan dari 416 Bupati se-Indonesia, dan salah satunya Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin.

Malu Karena Diacuhkan di Grup Chat WhatsApp? Cobain Deretan Tips ini, No 5 Jurus Pamungkas

Awas Cinta Palsu, 7 Zodiak ini Terkenal Paling Mudah Jatuh Cinta, Kamu Bisa Jadi Korban!

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin
Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin (Dok.Humas Pemkab Muba)

"Penghargaan itu rencananya akan diterima oleh pak Bupati Dodi Reza Alex pada hari Senin tanggal 11 Desember 2018 bertempat di Gedung Sate kota Bandung, Jawa Barat ," ungkap Kabag Humas Pemkab Muba, Herryandi Sinulingga AP.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Pemkab Muba, Drs. Iskandar Syahrianto, MH., menjelaskan bahwa salah satu indikator dinobatkannya Bupati Dodi Reza Alex Noerdin sebagai kepala daerah yang peduli terhadap Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan adalah dikarenakan Dodi telah sukses menjadikan Kabupaten Muba sebagai Pilot Project peremajaan lahan sawit di lahan seluas 4.446 hektare yang tersebar di Kecamatan Sungai Lilin, Babat Supat, Keluang dan telah menjadi percontohan Nasional, serta telah diresmikan oleh bapak Presiden RI Jokowi pada tanggal 13 oktober 2017 silam dipusatkan di desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin.

"Peremajaan lahan sawit ini salah satu bagian dari upaya pak bupati mewujudkan pembangunan perkebunan yang berkelanjutan dan tentunya sangat menguntungkan bagi petani swadaya rakyat," ujarnya.

Selain itu, apresiasi dan penghargaan yang diberikan Kementerian Pertanian ini dalam hal pembangunan berkelanjutan untuk komoditas sawit dan karet di Muba.

"Indikatornya adalah untuk perkebunan sawit, proses peremajaan PSR (Peremajaan Sawit Rakyat) yang telah berjalan dengan baik serta jumlah luasan yang diremajakan juga terus bertambah setiap tahun dan di tahun 2018 ini dari target 5.000 hektare kita sudah mengusulkan dan memverifikasi seluas 6.208 ha (hektare)," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved