Berita Musirawas

Curah Hujan Tinggi, BPBD Musirawas Imbau Warga Siaga dan Waspada Banjir

Sebab, beberapa hari belakangan ini curah hujan cukup tinggi dan dibeberapa wilayah di Kabupaten Musirawas sudah kebanjiran.

Curah Hujan Tinggi, BPBD Musirawas Imbau Warga Siaga dan Waspada Banjir
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Hujan dengan intensitas sedang dan lebat mengakibatkan sungai meluap dan terjadi banjir dibeberapa wilayah di Kabupaten Musirawas. Karena itu, BPBD Musirawas mengimbau agar siaga dan waspada jika terjadi hujan lebat dan debit air sungai naik, agar segera melaporkan ke BPBD untuk dilakukan tindakan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musirawas, Paisol mengimbau kepada masyarakat, terutama yang tinggal dipinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) agar siaga dan waspada terhadap banjir.

Sebab, beberapa hari belakangan ini curah hujan cukup tinggi dan dibeberapa wilayah di Kabupaten Musirawas sudah kebanjiran.

"Ya, beberapa hari belakangan, dibeberapa wilayah kita sudah mulai banjir, namun sekarang sudah surut. Karena itu, kita imbau kepasa masyarakat yang pemukimannya berada didekat sungai, agar waspada dan siaga. Sehingga, apabila datang banjir warga sudah siap dan bisa segera melapor ke BPBD," kata Paisol, kepada Sripoku.com, Minggu (9/12/2018).

Ferry Routinsulu Mau Nangis Sriwijaya FC Terdegradasi, Siap Bantu Naikkan ke Liga 1 Musim Depan

BREAKING NEWS: Persija Jakarta Akhiri Puasa 17 Tahun dengan Gelar Juara Liga 1 2018

Permudah Masyarakat Palembang Berobat di Malaysia, KJP Buka Kantor Perwakilan di Palembang

Dikatakan, untuk mengantisipasi banjir seiring meningkatnya intensitas curah hujan saat ini, pihaknya sudah membentuk posko 24 jam. Dimana, posko dengan 30 personil terlatih dan dilengkapi peralatan pendukung tersebut standby untuk tindakan reaksi cepat.

"Jika masuk laporan dari kades atau pun camat yang wilayahnya banjir, maka tim di posko 24 jam ini, langsung bergerak kelokasi dengan peralatan pendukungnya," kata Paisol.

Dikatakan, dalam beberapa hari terakhir ini, wilayah yang sudah terdampak banjir antara lain Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Megang Sakti. Dua wilayah ini memang masuk dalam kategori rawan banjir.

Dikalahkan Arema FC dan Degradasi, Nasib Alfredo Vera Sang Pelatih Sriwijaya FC Musim Depan Terancam

Mechanic Battle, Ajang Adu Skill Mekanik AHASS Palembang

Jual Kaos Kaki Murah Kualitas Mall, Pedagang Ini Berhasil Jual 200 Kaos Kaki Setiap Hari

Di Kecamatan Megang Sakti, banjir melanda Desa Senaro dan Kampung 4 Megang Sakti II pada Jumat (7/12/2018). Banjir terjadi karena hujan dengan intensitas sedang dan lebat mengguyur wilayah tersebut sehingga menyebabkan meluapnya Sungai Senaro.

Akibatnya, beberapa rumah warga di Desa Senaro terendam banjir dengan ketinggian antara 30-60 cm. Sedangkan di Kampung 4 Megang Sakti II, luapan air sungai Senaro mengakibatkan 11 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian antara 30-100 cm.

Sementara di Kecamatan Muara Kelingi, banjir melanda Kampung 1 dan Kampung 2 Kelurahan Muara Kelingi pada Sabtu (8/12/2018).

Sudah Diberi Toleransi Selama 7 Tahun, Pertahankan Kebijakan Angkutan Batubara Lewat Jalur Khusus

BREAKING NEWS: Hasil Pertandingan SFC vs Arema FC, Sriwijaya FC Telan Kekalahan Pahit dan Degradasi

Minta Waspadai Produk Kosmetik Endorse, BPOM Segera Musnahkan 17 Ribu Produk Kosmetik Tak Laik Edar

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat, menyebabkan sungai Musi diwilayah tersebut meluap.

Sehingga mengakibatkan 8 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian antara 30-100 cm yang berada di RT 01 Kampung I Kelurahan Muara Kelingi Kecamatan Muara Kelingi.

Sedangkan di Kampung II Kelurahan Muara Kelingi, banjir merendam mushola dengan ketinggian 10 - 30 cm, karena lokasi mushola yang berada dekat dengan sungai.

BREAKING NEWS: Hasil Pertandingan SFC vs Arema FC, Sriwijaya FC Telan Kekalahan Pahit dan Degradasi

Minta Waspadai Produk Kosmetik Endorse, BPOM Segera Musnahkan 17 Ribu Produk Kosmetik Tak Laik Edar

"Kita sendiri terus kordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, untuk siaga dan waspada. Bila debit air naik, segera melaporkan ke BPBD Musirawas untuk melaksanakan tindakan selanjutnya. Kita juga memberikan sosialisasi dan peringatan dini waspada dan selalu siap siaga bila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Paisol.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved