Breaking News:

Berita Palembang

DPRD Sumsel Minta Masalah Pembebasan Lahan Musi IV dan VI Selesai 2019

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH mengakui pembangunan jembatan Musi IV dan Musi VI hingga kini masih terkendala pembebasa

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua KOMISI IV DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Hj RA Anita Noeringhati SH MH mengakui pembangunan jembatan Musi IV dan Musi VI hingga kini masih terkendala pembebasan lahan.

Total ratusan miliar masih dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Tahun 2019 ini ada beberapa PR yang harus diselesaikan, terutama soal pembebasan lahan Musi IV dan Musi VI. Khusus untuk Musi IV, masyarakat di sekitar pembangunan sudah mengkosongkan wilayahnya dari tahun 2017, namun sampai tahun 2018 akhir ini, realisasi pembebasan lahannya baru Rp 9,7 miliar dari total Rp 200 miliar," ungkap Anita, Selasa (27/11).

Dukung Upsus Pajale di Empatlawang, Kementerian Pertanian Salurkan 53 Alsintan

Di tahun 2019 kata Anita, proyeksi anggaran untuk pembebasan lahan Musi IV masih terbilang minim, hanya sebesar Rp 32 miliar.

Oleh karena itu, pembebasan lahan diutamakan untuk pemilik yang surat-menyurat lahannya sudah clean dan clear.

"Kita harap tahun 2019 nanti, semua permasalahan pembebasan lahan ini sudah selesai," kata politisi Partai Golkar ini.

Tak Hanya Mengusir Rasa Sepi di Rumah Berikut 4 Manfaat Memelihara Hewan Menurut Riset

Menurut Anita, pembangunan Musi VI juga masih terkendala pembebasan lahan, sehingga kontraktor tidak bisa menyelesaikan pembangunannya. Namun, pembebasan lahan Musi VI tidak sebesar Musi IV.

"Dari data yang kita dapat, untuk Musi VI, realisasi pembebasan lahannya sudah mencapai 90 persen, tinggal 10 persen lagi, sementara untuk Musi IV pembebasan lahannya baru 40 presen," kata Anita.

Kedua jembatan tersebut menjadi sangat penting untuk menopang keberadaan Jembatan Ampera. Keduanya akan menghubungkan Palembang Ulu dan Palembang Ilir, dan diharapkan dapat mengurai kemacetan di Kota Palembang.

====

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved