Berita Palembang

Masuki Musim Hujan, BPBD Ingatkan Daerah Sumsel di Bagian Barat Karena Rawan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, mengimbau kepada masyarakat yang bermukim

Masuki Musim Hujan, BPBD Ingatkan Daerah Sumsel di Bagian Barat Karena Rawan Bencana
SRIPOKU.COM/AWIJAYA
Kepala BPBD Empatlawang, M. Taufik meninjau titik jalan longsor di Jalan Poros Noersin Panji penghubung Kecamatan Pendopo- Tebingtinggi, Kamis (1/11/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di daerah dataran tinggi atau tepatnya di wilayah Sumsel Bagian Barat agar selalu waspada pada saat musim hujan.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumsel, Ansori menjelaskan pada saat musim hujan seperti ini seluruh daerah diwaspadai terkena bencana.

Baca: Meski Tegas Soal Angkutan Batubara, HD Siap Dengar Keluhan Sopir Kalau Perlu Saya Bantu Carikan

Akan tetapi daerah seperti Empatlawang, Oku Selatan, Lahat dan Muara Enim berpotensi tinggi akan terkena dampak tanah longsor dan banjir bandang.

"Sumsel bagian barat rawan sekali terkena bencana banjir bandang dan longsor, karena memang wilayah tersebut termasuk kedalam dataran tinggi," ujar Ansori, Senin (19/11/2018).

Baca: Berita Lubuklinggau: Antisipasi Tindak Kriminalitas, Kapolres Lubuklinggau Bentuk Tim Rajawali

Mengantisipasi terjadi bencana di daerah dataran tinggi, pihaknya telah berkordinasi dengan BPBD setempat dan pihak terkait untuk menyiagakan alat berat.

Kendati rawan terjadi bencana, namun Ansori menegaskan pihaknya belum menetapkan status siaga bencana.

Mengingat, kondisi musim hujan masih akan berlangsung hingga bulan Maret mendatang.

Baca: 4 Kapolsek Jajaran Polres Musirawas Diganti, Berikut Daftar Nama & Penggantinya

"Seperti Oku Selatan sudah ada gerakan tanah, antisipasinya kita sudah siapkan alat berat. Jadi ketika terjadi longsor kita bisa langsung evakuasi jalan," tegasnya.

Tak hanya daerah dataran tinggi, Ansori juga mewanti-wanti daerah dataran rendah juga waspada terjadi bencana banjir dan angin puting beliung.

Baca: 4 Pemain Persib Bandung Diduga Terlibat Pengaturan Skor Yang Merebak Melalui Medsos

Pada saat masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan potensi angin puting beliung akan lebih tinggi. Tak hanya daerah terbuka, daerah padat seperti Palembang pun kemungkinan juga akan terkena dampaknya seperti beberapa waktu lalu.

"Kalau daerah seperti Palembang OI dan Muba itu rentan terkena banjir. Tetapi juga tak menutup kemungkinan angin puting beliung, kemarin saja Jakabaring pihak poranda diterjang angin," jelas Ansori.

====

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved