Berita Muba

Dari 2.512 Pelamar CPNS di Muba, Hanya 43 Orang Lulus Passing Grade. Berikut Data Lengkapnya

dari 2.512 peserta seleksi hanya memunculkan 43 nama peserta yang behasil lolos. Dimana 43 nama yang lolos tersebut terdiri

Dari 2.512 Pelamar CPNS di Muba, Hanya 43 Orang Lulus Passing Grade. Berikut Data Lengkapnya
Dok. Humas Pemkab Muba
CPNS Muba 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Hampir selesainya sebagian daerah yang melaksanakan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ternyata masih menyisahkan cerita terutama pelamar yang tidak memenuhi Passing Grade.

Adanya rencana pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang akan membuat kebijakan bagi peserta CPNS yang tak lolos dalam tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) disambut baik bagi peserta yang tidak lolos.

Baca: Berita Palembang: Tak Sampai 3 Persen Peserta Lulus Tes CAT CPNS, Kuota CPNS Terancam tak Terpenuhi

Seperti salah satunya di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang sudah melaksanakan tes CPNS SKD beberapa waktu lalu, dari 2.512 peserta seleksi hanya memunculkan 43 nama peserta yang behasil lolos.

Dimana 43 nama yang lolos tersebut terdiri dari formasi yang dikeluarkan oleh Pemkab Muba.

Salah satu peserta yang mengikuti tes CPNS di Kabupaten Muba yakni Debi Arianto yang mengambil formasi Analis Hukum di Pemkab Muba, menyambut baik jika pemerintah melakukan kajian terkait kelulusan CPNS tahun ini, karena banyak peserta yang tidak lolos pada SKD dikarenakan Passing Grade terlalu tinggi.

Baca: Pelamar CPNS 2018 di Kota Palembang Berguguran, BKPSDM Minta Kelonggaran Passing Grade

“Tes CPNS yang dilaksanakan pada tahun ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Betapa tidak dari beberapa referensi yang saya baca mengenai ujian sangat berbeda dari soal yang keluar pada ujian. Terkait adanya rencana peemrintah mengkaji ulang kelulusan kami sangat menyambut baik,”ungkap Debi.

Lanjutnya, rencana pemerintah akan menurunkan passing grade atau ambang batas kelulusan SKD lalu menerapkan sistem perangkingan dari jumlah total sangat baik.

Baca: Pelamar CPNS 2018 di Kota Palembang Berguguran, BKPSDM Minta Kelonggaran Passing Grade

“Jika memungkinkan penilaian yang dilakukan harus sesuai, karena banyak peserta yang tidak lolos. Selain itu terkait ujian CAT ini pemerintah harus bisa mengkaji soal-soalnya, teman saya saja yang lulusan S-2 saja tidak lolos,”harapnya.

Hal yang senada diungkapkan oleh, Randy yang mengikuti CPNS di Muba menyambut baik adanya rencana pemerintah. Pemerintah harus melihat secara langsung kalau bisa cek langsung kepada BKD di setiap daerah karena dari ribuan peserta hanya puluhan saja yang lulus.

Halaman
12
Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved