Nasional

Didukung Presiden Joko Widodo, Para Bupati Ini Merasa Senang Sekali

”Teman-teman bupati merasa nyaman karena inovasi-inovasi daerah didukung pemerintahan Joko Widodo..."

Didukung Presiden Joko Widodo, Para Bupati Ini Merasa Senang Sekali
Tribunnews.com
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan sejumlah bupati daerah lain berswafoto dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11/2018) . 

SRIPOKU.COM, BANYUWANGI - Beberapa orang bupati diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan sejumlah hal penting kepada para kepala daerah, mulai pengembangan UMKM perdesaan, dana desa, pelayanan publik, hingga ekonomi negara yang tumbuh stabil.

”Beberapa pesan tersebut ditekankan Presiden kepada para bupati,” ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) sekaligus Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat dihubungi.

Dalam kesempatan itu, Anas mendampingi Ketua Umum Apkasi, Mardani H Maming. Anas mengatakan, Presiden menekankan pentingnya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perdesaan.

Hal tersebut telah dilakukan melalui beragam skema, mulai stimulus lewat dana desa, pemberdayaan UMKM, pembangunan infrastruktur perdesaan, hingga peningkatan kinerja pertanian.

”Dana desa dalam empat tahun ini Rp187 triliun. Pak Jokowi melakukan terobosan dengan mendorong semua pelaksanaan program dana desa itu sumbernya dari desa sendiri, sehingga uang berputar di desa tanpa tersedot ke kota."

"Itu dengan sendirinya juga menggerakkan UMKM desa karena permintaan barang pasti meningkat,” ujar Anas yang juga bupati Banyuwangi.

Presiden Jokowi, sambung Anas, juga terus menggerakkan UMKM berbasis pertanian dengan mendorong tumbuhnya usaha olahan sektor pertanian.

Baca: Rizky Cetak Gol ke Gawang Barito Putera Termotivasi Istrinya yang Sedang Mengandung

Berbagai kementerian telah mengintervensi program tersebut.

”Bahkan, untuk menyiapkan SDM-nya, Pak Jokowi ingin ada SMK dengan jurusan spesifik berbasis pertanian di desa, misalnya jurusan kopi."

Halaman
12
Editor: Tarso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved