Berita Ogan Ilir

Berita Ogan Ilir: HIPMI Ogan Ilir Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langitan Gratis

Selama lima tahap menjalani operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Berita Ogan Ilir: HIPMI Ogan Ilir Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langitan Gratis
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Sekda beserta jajaran saat meninjau pasien yang menjalani operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing grati di RSUD Ogan Ilir Tanjung Senai Indralaya. 

Laporan wartawan sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA—Bekerjasama dengan Yayasan Umi Romlah, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Ogan Ilir (OI), menggelar kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing kepada 26 orang penderita.

Operasi berlangsung tertutup Senin pagi (29/10) pukul 09.00 bertempat di ruang operasi bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten OI di Komplek Perkantoran Tanjung Senai Indralaya.

Hadir dalam kegiatan operasi Ketua HIPMI OI, Aikom Marshall diwakili pengurus Awang Dermawan, Sekda H Herman SH MSi beserta jajaran dan tim medis RSUD OI.

Dijelaskan Awang Dermawan, kegiatan operasi bibir sumbing kepada 26 peserta ini, diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Baca: Potongan Tubuh Ditemukan di Lokasi Jatuhnya Lion Air JT 610, Ini Kata Direktur Operasional Basarnas

Lanjutnya, kegiatan operasi bibir sumbing ini merupakan kegiatan tahap kedua sampai dengan lima tahap.

“Tahap pertama sebanyak 40 orang peserta. Kemudian untuk tahap kedua ini, sebanyak 26 peserta. Peserta yang mengikuti operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing berasal dari Desa-desa yang tersebar di-16 Kecamatan dalam lingkungan Kabupaten OI. Mereka umumnya merupakan anak-anak, dewasa hingga orang tua dari usia 3 bulan sampai 60 tahun,” jelas pengurus Hipmi OI Awang Dermawan, Senin (29/10).

Ia menambahkan, selama lima tahap menjalani operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Secara medis, untuk satu kali operasi bibir sumbing menghabiskan biaya Rp 20 – 25 juta. Jadi, kalau sampai lima kali operasi lebih kurang biaya yang dibutuhkan mencapai angka ratusan juta rupiah Rp 100 – Rp 125 juta.

Baca: Baru 2 Bulan Bekerja, Ini Unggahan Terakhir Alviani Pramugari Lion Air JT 610, Orangtuanya Syok

“Akan tetapi, HIPMI Peduli bekerjasama dengan Yayasan Umi Romlah memberikan operasi kepada peserta secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun,” tambahnya seraya berharap operasi bibir sumbing gratis ini, kedepannya semoga apa yang telah dilakukan oleh HIPMI Kabupaten OI yang bekerjasama dengan Yayasan Umi Romlah dapat bermanfaat dan pasien bisa sehat seperti sediakala.

Disela-sela kegiatan operasi bibir sumbing gratis, Sekda H Herman SH MSi mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh para pengusaha muda Kabupaten OI.

“Upaya ini sangat membantu sekali bagi warga khususnya yang menderita. Karena, tanpa dipungut biaya. Kami sampaikan terima kasih kepada HIPMI dan Yayasan Umi Romlah. Semoga mereka sehat dan sama seperti anak-anak yang lain,” harap Sekda.

Dijelaskan Dr Ikmal Ferlianta SP Bd menjelaskan, pasien yang menderita ini umumnya merupakan bawaan lahir. “Rata-rata merupakan kelainan bawaan lahir, ada juga dari asupan gizi,’ jelasnya.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved