Berita Palembang

3.099 Pelamar Berebut 14 Kuota CPNS Kemenkumham, Satu Peserta Singkirkan 221 Orang

Sebanyak 3.099 orang pelamar mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 instansi Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

3.099 Pelamar Berebut 14 Kuota CPNS Kemenkumham, Satu Peserta Singkirkan 221 Orang
SRIPOKU.COM/ODI ARIA
Para pelamar nampak serius mengikuti tes CAT CPNS 2018 instansi Kemenkumham. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Sebanyak 3.099 orang pelamar mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 instansi Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di kantor regional BKN VII Palembang jalan Gubernur HA Bastari Jakabaring Palembang, Jumat (26/10/2018).

Mengenakan pakaian setelan hitam putih, para pelamar terlebih dahulu harus melakukan registrasi nomor tes CPNS. kemudian dilanjutkan dengan pengisian data secara komputerisasi untuk mengikuti tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT di dalam aula.

Para pelamar nampak serius mengikuti tes CAT CPNS 2018 instansi Kemenkumham di kantor BKN VII Palembang, Jumat (26/10/2018).
Para pelamar nampak serius mengikuti tes CAT CPNS 2018 instansi Kemenkumham di kantor BKN VII Palembang, Jumat (26/10/2018). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Baca: Berita Pagaralam: November akan Ada Pasar Malam Modern di Pagaralam

Baca: Peringkat FIFA Terbaru, Indonesia Naik 4 Tingkat, se-Asia Tenggara Meraih Peringkat 5, Ini Daftarnya

Sebelum memasuki aula para pelamar terlebih dahulu harus steril tanpa membawa barang apapun ke dalam ruangan tes. Menggunakan alat metal detector, para petugas memeriksa satu per satu pelamar. Tas buku, pensil dan barang bawaan lain pun terpaksa harus diletakkan di luar ruangan demi menjaga strelisasi saat tes.

Ketua Panitia Seleksi Daerah Kemenkumham, Kemas Hamzah Zein mengatakan untuk tes CAT Kemenkumham diikuti oleh 3.099 orang pelamar yang berasal dari sumber sarjana Strata 1 (S1) dan Diploma 3 (D3). Dengan jumlah pelamar tersebut apabila dikalkulasi setiap peserta paling tidak harus menyingkirkan 221 orang untuk memperebutkan kuota 14 orang.

"Untuk tes CAT sendiri akan berlangsung selama dua hari. Dalam satu sesinya diikuti oleh 300 an orang peserta, sedangkan untuk jumlah kuotanya 14 orang," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari total peserta yang mengikuti tes CAT 3.0999 orang, untuk formasi CPNS dibagian staf ini bakal diambil sebanyak 14 orang dengan rincian 12 orang S1 dan 2 orang untuk kuota pelamar D-3.

Adapun tahapan tes CAT tersebut, peserta akan mengisi soal secara online dengam soal berbeda-beda setiap peserta selama 90 menit. Setelah mengikuti tes para pelamar bisa langsung melihat mereka lulus atau tidak dengan paseng grade tertera di layar monitor di luar ruangan, apabila nama mereka tertera bisa lanjut ke tahapan seleksi kompetensi bidang dan wawancara tes.

"Nanti akan diurut nilai tertinggi dan diambil 42 orang untuk lanjut tahapan interview tes serta pengamatan fisik. Setelah itu barulah didapatkan kuota 14 orang untuk staf Kemenkumham," jelas Kemas.

Setelah tes CAT CPNS dari sumber sarjana, dua hari berikutnya giliran 12 ribu pelamar lulusan SMA akan bersaing memperebutkan kuota 30 orang pelamar untuk menjadi CPNS sipir lapas.

Menurut Kemas, jumlah petugas Kemenkumham saat ini sangat jauh dari kata cukup untuk memberikan pelayanan khususnya untuk penjaga lapas. Ia mencontohkan, misal dalam satu lapas dihuni oleh 300 maka minimal persepuluh orang itu dijaga oleh minimal satu orang sipir.

"Kalau mau dihitung sangat kurang, apalagi penjaga tahanan. Tapi walau bagaimana pun itulah kemampuan negara saat ini untuk membuko lowongan CPNS," jelasnya.

====

Baca: Tes CPNS 2018 Empatlawang Dilaksanakan di Lubuklinggau" href="http://palembang.tribunnews.com/2018/10/26/berita-empatlawang-cpns-2018-tes-cpns-2018-empatlawang-dilaksanakan-di-lubuklinggau">Berita Empatlawang: CPNS 2018 -> Tes CPNS 2018 Empatlawang Dilaksanakan di Lubuklinggau

Baca: Berita Palembang: Sungai Kedukan Saat Air Surutnya Penuh Sampah, Saat Pasang Jadi Tempat Mandi

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved