Usai Asian Para Games 2018, NPC Sumsel Tatap 3 Event Lagi Tahun 2019 dan 2020

Dua event tersebut, yaitu ASEAN Para Games 2019 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020 di Papua mendatang.

Usai Asian Para Games 2018, NPC Sumsel Tatap 3 Event Lagi Tahun 2019 dan 2020
SRIPOKU.COM/RESHA
Beberapa atlet Sumsel yang meraih medali di ajang Asian Para Games 2018, sebelum menemui Gubernur Sumsel Herman Deru di Kantor Pemprov Sumsel. 

Laporan Wartawan Sripoku.com , Resha

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Sukses menembus target medali saat Asian Para Games 2018 lalu, bukan berarti tugas National Paralympic Committee (NPC) Sumsel selesai begitu saja. Mereka masih akan menatap dua event besar yang sebentar lagi akan dihadapi oleh para atlet difabel itu.

Dua event tersebut, yaitu ASEAN Para Games 2019 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2020 di Papua mendatang. Bahkan, pihak NPC Sumsel juga berani menatap Paralimpiade 2020, atau pesta olahraga atlet difabel setara Olimpiade nanti.

Menghadapi itu, Ketua Umum NPC Sumsel Ryan Yohwari mengatakan pihaknya telah mengevaluasi apa-apa saja yang menjadi kekurangan saat berlaga di Asian Para Games 2018 di Jakarta lalu. Meskipun mereka mengalami over target dari yang semula hanya menargetkan 5 medali emas, justru mereka berhasil menggondol 8 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu.

“Tetap kita lakukan evaluasi. Karena kita di tahun 2019 nanti, akan berusaha bagaimana sebanyak mungkin masuk ke Pelatnas (Pemusatan Latihan Nasional),” ujar Ryan saat sela pertemuannya dengan Gubernur Sumsel Herman Deru di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (24/10/2018).

Ryan menuturkan, atlet-atlet potensial masih terpusat di Kota Palembang. Padahal, tak menutup kemungkinan di 16 kabupaten/kota yang ada di Sumsel selain Palembang, masih ada atlet-atlet yang memiliki potensi terpendam yang tak terpantau oleh pihaknya.

“Ini yang akan kita coba untuk diubah, jangan di Palembang saja yang menjadi barometer olahraga. Usul ini juga akan kami sampaikan ke bapak Gubernur, dan kita berharap mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, beberapa peraih medali emas di Asian Para Games 2018 yang berasal dari Sumsel mendatangi Kantor Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menemui Gubernur Sumsel Herman Deru. Selain melaporkan hasil medali tersebut, ia berharap pemerintah juga mendukung dengan memberikan bonus kepada para atlet yang meraih medali.

“Kami berharap seperti provinsi lainnya, yang akan mendapat tambahan bonus. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Di sisi lain, Gubernur Sumsel Herman Deru sangat mengapresiasi spirit yang dimiliki oleh para atlet NPC Sumsel dalam membawa bendera Merah Putih, di ajang Asian Para Games 2018 kemarin. Pihaknya akan menambah apresiasi berupa bonus kepada peraih medali tadi.

"Untuk para peraih mendali emas, kita berikan bonus Rp 100 Juta," ujarnya.

Hanya saja ia mengatakan, bonus tersebut belum bisa direalisasikan hari ini. Sebab, bonus ini belum dianggarkan tahun 2018 ini dan baru akan dianggarkan pada tahun 2019 mendatang. (mg5)

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved