Todd Rivaldo Ferre Cetak hat trick ke Gawang Qatar

Sebelum terjun di sepak bola, Todd Rivaldo mengawali karier sebagai pemain futsal. Todd Rivaldo serius menekuni futsal

Todd Rivaldo Ferre Cetak hat trick ke Gawang Qatar
https://bola.kompas.com/read
Pesepak bola Timnas U-19 Todd Rivaldo Ferre meluapkan kekecewaan ketika tendangannya tidak membuahkan hasil saat melawan Timnas Thailand U-19 pada laga PSSI 88th U19 International Tournament di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A 

SRIPOKU.COM - Sosok Todd Rivaldo Ferre menjadi pemain Timnas U-19 Indonesia yang paling disorot saat melawan Qatar pada laga kedua penyisihan Grup A Piala Asia U-19 2018, Minggu (21/10/2018). Sebab, dia menjadi penyelamat dalam laga yang berlangsung ketat dan membuat Timnas hampir hilang kepercayaan diri tersebut.

Dalam duel berdarah dan kemudian menentukan nasib Indonesia itu, dia masuk pada menit ke-54 saat Indonesia tertinggal 1-6, kondisi ini, tidak membuat Todd Rivaldo kehilangan panggung. Dia menjadi nyawa kebangkitan Indonesia hingga mampu mengatasi defisit hingga mengubah skor akhir dalam pertandingan ini menjadi 5-6. 

Dalam laga yang cukup menegangkan dan sekaligus menghibur ini, Dia mencetak hat trick pada laga tersebut. Hebatnya lagi, tiga gol itu dicetak dari proses yang tidak biasa.

Memang dalam laga ini dia tampil begiut semangat, bahkan langsung memberikan Gol pertama. Memang, gol Todd Rivaldo tercipta melalui tendangan bebas langsung. Dua gol setelahnya, Todd Reivaldo melakukan aksi individu dengan melewati banyak pemain belakang Qatar. Skill dan kemampuannya ini lah yang mencuri perhatian.

Baca Juga: Piala Asia U-19 - Peluang Lolos Terbuka Lebar, UEA Indikasikan Tetap Turunkan Tim Terbaik Melawan Indonesia

Sejak tampil gemilang dalam pertandingan ini, Nama Todd Rivaldo Ferre memang mulai dikenal di kancah sepak bola nasional saat dinobatkan menjadi pemain terbaik Liga 1 U-19 musim 2017.

Seperti diketahui, sebelum terjun di sepak bola, Todd Rivaldo mengawali karier sebagai pemain futsal. Todd Rivaldo serius menekuni futsal saat menimba ilmu di SMA Negeri Khusus Olahraga Papua. Dia memang fokus ke olahraga ini sebelum melirik sepakbola.

Talenta Todd Rivaldo juga sempat menghiasi Liga Futsal Nusantara 2017. Kemampuan ini bukannya tidak dipantau, bahkan Persipura kemudian melirik talenta Todd Rivaldo untuk masuk ke tim U-19. 

Hasilnya, Todd Rivaldo Ferre menjadi pahlawan Persipura U-19 ketika menjadi juara Liga 1 U-19 2017. Pada partai final, gol tendangan bebas Todd Rivaldo ke gawang Persib U-19 menjadi penentu gelar juara Persipura.

Seperti dilansir dari kompas.com, Pelatih Persipura saat itu, Peter Butler, kemudian memanggil Todd Rivaldo Ferre untuk bermain di tim senior.  Setelah melihat Performa moncer di Liga 1 U-19 2017 membuat Todd Rivaldo dipanggil Indra Sjafri ke timnas U-19 Indonesia untuk mengikuti Piala AFF U-19 awal Juli lalu.

Selanjutnya, Todd Rivaldo dipanggil bersama rekan setimnya, Gunansar Mandowen dan David Rumakiek. Ini adalah kali pertama Indra Sjafri memanggil pemain dari tanah Papua setelah edisi 2013 dan 2017. Kepercayaan Indra Sjafri tidak disia-siakan Todd Rivaldo.

PSSI bahkan sempat mengunggah video gol Rivaldo dan bertanya kepada gelandang legendaris timnas Spanyol, Andres Iniesta, apakah ia pernah melihat gol seindah itu atau tidak.  Seusai mencetak gol ke gawang Singapura itu, sang pemain mengungkapkan harapannya.

"Saya berharap coach Indra Sjafri terus memberikan kesempatan untuk bermain di timnas. Saya senang sekali bisa mencetak gol pertama untuk timnas. Apalagi ini pertandingan resmi, ” tutur pengagum Bambang Pamungkas dan Boaz Solossa tersebut.

"Saya merasa sangat bangga. Gol ini untuk seluruh masyarakat Indonesia dan juga keluarga saya yang ada di Papua,” ucap Todd Rivaldo menambahkan.

Tags
Qatar
Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Adrian Yunus
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved