Berita Palembang: Dishub Sumsel akan Sisir Truk Angkutan Batu Bara Nakal dalam Operasi ODOL

Aktivitas angkutan batu bara selama ini telah menimbulkan permasalahan kompleks bagi masyarakat yang dilintasi truk-truk itu.

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Ilustrasi: Tampak ribuan truk batubara menumpuk di sisi kiri dan kanan Jalinsum, karena dihadang oleh warga Desa Gunung Megang Dalam, gara-gara lakalantas yang menyebabkan warganya tewas, di Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang, Muaraenim, Rabu (22/4). 

Berita Palembang: Dishub Sumsel akan Sisir Truk Angkutan Batu Bara Nakal dalam Operasi ODOL

Laporah wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan pada khususnya memiliki potensi besar sebagai produsen batu bara.

Namun, permasalahan kemudian muncul saat truk-truk angkutan batu bara ini memuat beban berlebihan (overloaded) dan membuat kemacetan pada ruas jalan umum yang dilalui, bahkan mengakibatkan jalan-jalan menjadi rusak sebelum waktunya.

Aktivitas angkutan batu bara selama ini telah menimbulkan permasalahan kompleks bagi masyarakat yang dilintasi truk-truk itu.

Baca: Hotman Paris Rangkul Dewi Perssik di Depan Suaminya. Bernada Marah Angga Wijaya Tulis Kata ini

Baca: Meninggal di Umur 73 Tahun, Begini Kondisi Titi Qadarsih Saat Terbaring Lemah di Rumah Sakit

Baca: Punya 2 Istri, Azis Gagap Ungkap Kehidupan Masa Lalu, Kebiasaan Dua Istrinya & Keinginan Masa Tua

Untuk itu, Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera dalam waktu dekat akan segera melakukan operasi penertiban Over Dimensi dan Overload (ODOL), sesuai aturan Kementerian Perhubungan.

"Iya benar, rencananya besok kami bersama pihak terkait akan lakukan razia sebagai tindak lanjut untuk menertibkan angkutan batubara yang nakal," ujar Kepala Dishub Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus, Senin (22/10/2018).

Dikatakan Nelson, truk angkutan batu bara yang menjadi target operasi antara lain dilihat dari izin operasional kendaraan, kelengkapan surat-surat dan kelaikan kendaraan.

Jika sudah dalam kondisi tidak laik operasional, maka Dishub tak akan segan untuk memberi sanksi tegas.

"Di Sumsel sendiri sudah banyak izin operasional kendaraan yang kita cabut jika tak sesuai aturan. Kami berharap semua angkutan batu bara tertib," tegas Nelson.

Kepala Dishub Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus
Kepala Dishub Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus (SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH)

Ditambahkan, Kabid Angkutan Jalan Dishub Provinsi Sumsel, Junaidi mengungkapkan jika razia yang dilakukan akan difokuskan di luar kota Palembang.

"Pada dasarnya kita sudah sering mengadakan razia seperti ini, terakhir saat jelang Asian Games kemarin. Fakta dilapangan yang cukup sering kita dapati soal truk angkutan batubara melebihi tonase," tuturnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved