Perang Dagang dengan China Bisa Sebabkan Ekonomi Amerika Serikat Resesi?

Perang dagang antara AS dengan China bisa menggiring perekonomian AS masuk ke jurang resesi pada tahun 2020. Ini dipadu pula dengan gejolak

Perang Dagang dengan China Bisa Sebabkan Ekonomi Amerika Serikat Resesi?
Tempo.co
Ilustrasi - Bursa Saham Amerika Serikat. 

SRIPOKU.COM , NEW YORK - Perang dagang antara AS dengan China bisa menggiring perekonomian AS masuk ke jurang resesi pada tahun 2020. Ini dipadu pula dengan gejolak hubungan ekonomi dengan Kanada dan Eropa, serta kenaikan suku bunga acuan The Fed.

Berita Lainnya:
* Ketegangan AS dan China Meningkat, Pasar Saham AS Kembali Berguguran
* Dampak Perang Dagang China dan Amerika Serikat, Dow Jones Memerah

Hal tersebut diungkapkan oleh Ronald Temple, kepala ekuitas AS untuk Lazard Asset Management. Dikutip dari CNN Business, Jumat (19/10/2018), kebijakan proteksionis Presiden Donald Trump akan berdampak pada perlambatan ekonomi AS.

Ini disebabkan gejolak perdagangan bertubrukan dengan kenaikan suku bunga acuan.

" Resesi dalam jangka pendek tidak bisa dihindarkan, namun risiko (resesi) pada tahun 2020 telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir," sebut Temple.

Ia menjelaskan, apabila perang dagang tidak terjadi, maka risiko resesi perekonomian AS akan berkurang jauh. Namun, tampaknya AS berlebihan dalam mengestimasi berapa banyak China harus mengimpor dari AS.

Temple pun mengaku khawatir dengan cara keras AS memperlakukan sekutu-sekutunya. AS sebenarnya bisa mencapai kesepakatan secara efektif dengan China dengan cara bekerja sama dengan Eropa, Kanada, Australia, Jepang, dan negara maju lainnya melalui arah kebijakan
yang sama.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Sumber: CNN

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://ekonomi.kompas.com/ dengan Judul:
Perang Dagang dengan China Bisa Sebabkan Ekonomi AS Resesi?

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved