Berita Palembang

Berita Palembang : Manfaatkan IT Untuk Ujian, Siswa SMKN 5 Palembang Ujian Pakai Android

Kali ini para siswa di sekolah tersebut melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) menggunakan smarphone berbasis Android.

Berita Palembang : Manfaatkan IT Untuk Ujian, Siswa SMKN 5 Palembang Ujian Pakai Android
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para siswa SMKN 5 Palembang saat UTS menggunakan android, Rabu (10/10/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Seiring dengan kemajuan IT dalam perkembangan dunia pendidikan, SMKN 5 Palembang kali ini melakukan terobosan dengan memanfaatkan IT untuk ujian.

Kali ini para siswa di sekolah tersebut melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) menggunakan smarphone berbasis Android.

Hal ini terbilang unik sebab selama ini UTS cenderung menggunakan kertas dan pena. Kepala SMKN 5 Palembang, Drs. H. Zulfikri, M.Pd. mengatakan UTS berbasis android ini dilaksanakan selama empat hari, mulai dari Senin hingga Kamis mendatang.

Baca: Berita Palembang : Korban Kebakaran Tuan Kentang Harus Kehilangan Uang Rp 55 Juta

"Jika selama ini UTS yang dilaksanakan di sekolah hanya menggunakan kertas, maka kita coba pakai android siswa," ujarnya Rabu (10/10/2018).

Pihaknya ingin melakukan inovasi dengan menggunakan kecanggihan teknologi selain komputer atau laptop.

Maka itulah Smartphone berbasis Android menjadi pilihan. “Android ini merupakan salah satu kecanggihan teknologi juga, karena selama ini ujian hanya on paper atau menggunakan kertas. Kalau pakai gadget akan lebih praktis dan ekonomis,” ungkapnya.

Baca: Berita Palembang : Jari Lengkung Tak Ideal, Tikungan LRT Palembang Paling Ekstrim Sedunia

Zulfikri menjelaskan penggunaan smartphone ini merupakan media mereka untuk memperkenalkan siswa dengan alat teknologi. Apalagi dirinya juga merasakan manfaat dari dilaksanakannya UTS berbasis Ansdroid ini.

“Kita selaku guru juga merasa semua menjadi efisien, karena ujiannya jadi tidak harus membutuhkan tenaga untuk mengoreksi hasil ujian. Sebab semua sudah terakumulasi dengan sendirinya dengan berapa skor atau jumlah yang mereka dapat,” tegasnya.

Adapaun UTS Berbasis Android ini para siswa bisa menggunakan website dari SMKN 5 sendiri, dan siswa akan bisa mengakses soal-soal UTS dengan membuka link dari masing-masing mata pelajaran.

Baca: Berita Palembang: Harga BBM Naik Mulai Hari Ini, Petugas SPBU Beritahu Secara Lisan ke Pelanggan

“Pada saat ujian berlangsung barulah soal-soalnya dishare kepada siswa dan nilai mereka juga bisa langsung diupdate,” jelasnya.

Terhitung sejak hari pertama dilaksanakan, UTS berbasis android ini berjalan lancar. Dari jumlah keseluruhan siswa yang ikut ada sebanyak 1.400 siswa, hanya 90 siswa yang masih menggunakan kertas karena belum memiliki smartphone yang berbasis android.

Baca: Berita Palembang: Harga BBM Naik Mulai Hari Ini, Petugas SPBU Beritahu Secara Lisan ke Pelanggan

“Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan lancar dan kondusif sehingga yang on paper tidak menyulitkan atau merasa disulitkan oleh sistem yang sedang berjalan sekarang,” terangnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas X jurusan Akuntansi, Sindi mengaku jika dirinya sangat senang dengan sistem ujian seperti yang dilakukan sekolahnya.

“Saya merasa dipermudah dengan ujian melalui android ini, karena hemat dan tidak ribet. Setiap mapel ada link masing-masing dan semua soal pilihan ganda berjumlah 30 soal,” ujarnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved