Berita Palembang

Berita Palembang : Realisasi Jauh Dari Target Nasional, Vaksin MR Diperpanjang Sampai 31 Oktober

Sejak mulai diberlakukan vaksin Measles dan Rubella (MR) pada awal Agustus hingga saat ini realisasi pemberian vaksin

Berita Palembang : Realisasi Jauh Dari Target Nasional, Vaksin MR Diperpanjang Sampai 31 Oktober
politikyol.com
Ilustrasi. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sejak mulai diberlakukan vaksin Measles dan Rubella (MR) pada awal Agustus hingga saat ini realisasi pemberian vaksin tersebut di kota Palembang masih jauh dari target nasional yakni 95 persen.

Lantaran masih jauh dari target, maka imunisasi vaksin MR ini bakal diperpanjang hingga 31 Oktober 2018 mendatang.

Perpanjangan kampanye imunisasi dikarenakan masih banyak beberapa daerah provinsi yang masih belum mencapai target termasuk Palembang.

Baca: Berita Palembang: Ulah Ratna Sarumpaet tak Pengaruhi Suara Pemilih di Daerah

Dokter Fauzia, M.Kes, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang mengatakan belum tercapainya target pemutusan rantai penularan virus MR ini ada beberapa kendala yang menjadi penyebabnya.

Seperti penolakan vaksin dari beberapa sekolah dan masyarakat yang masih ragu dan takut, atas isu kehalalan vaksin tersebut.

Baca: Ini 5 Fakta Dato Sri Tahir, Konglomerat Indonesia yang Beri Bantuan ke Palu dengan Jet Pribadinya

“ Masalah kehalalan berdampak buruk terhadap penggunaan vaksin MR dan itu sangat mempengaruhi masyarakat, sehingga menjadi penghalang, khususnya institusi yang memperhatikan syar’i isu halal haram” katanya, Kamis (4/10/2018).

Vaksin measles rubella dianggap penting dilakukan mengingat dampak buruk bagi kesehatan anak-anak dan janin dalam kandungan perempuan.

Namun dinas kesehatan kota Palembang merasa cukup sulit mengkampanyekan imunisasi ini karena kerap mendapat penolakan masyarakat yang belum sepenuhnya memahami perlindungan yang diberikan vaksin MR terhadap kekebalan tubuh anak dan ibu hamil.

Baca: PDAM untuk Daerah Merah Mata Palembang

Berdasarkan data grafik kementrian kesehatan RI per 1 Oktober 2018, pencapaian realisasi kampanye imunisasi Measles Rubella daerah provinsi Sumatera Selatan baru mencapai 64,54 persen.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved