5 Alasan Mengapa Banyak Orang Melakukan Operasi Plastik !

Sekarang ini operasi plastik sudah menjadi tren, namun banyak orang yang tidak menyadari kalau

5 Alasan Mengapa Banyak Orang Melakukan Operasi Plastik !
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Meski lebih populer di kalangan orang awam dengan sebutan “ operasi plastik”, sebetulnya prosedur ini adalah bagian dari ilmu kedokteran bedah.

Kata “plastik” dalam “operasi plastik” berasal dari bahasa Yunani “plastikos” yang artinya membentuk. Jadi, plastik di sini tidak berarti bahwa operasi plastik menggunakan bahan dasar plastik.

Sekarang ini operasi plastik sudah menjadi tren, namun banyak orang yang tidak menyadari kalau operasi ini sebenarnya sudah berkembang lama sejak berabad-abad kehidupan manusia di bumi.

Pada abad ke 19 dan 20, bedah plastik sudah menjadi praktik yang umum. Dimulai oleh seorang dokter bedah plastik pertama di Amerika yaitu dr. John Peter Mettauer dengan melakukan pembedahan pada langit-langit mulut sumbing.

Kontribusinya memang cukup besar, namun yang dianggap Bapak Operasi Plastik Modern adalah Sir Harold Gillies karena beliau berhasil mengembangkan berbagai teknik lain dalam operasi plastik.

Dua jenis bedah plastik

Jenis bedah plastik secara umum dibagi dua jenis berdasarkan tujuan pembedahan itu sendiri, yakni pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik.

Bedah estetik ditujukan pada pasien-pasien normal dan sehat, namun merasa bentuk tubuh yang dimiliki kurang baik atau harmonis.

Contohnya mempunyai hidung yang kurang mancung, ingin melebarkan kelopak mata, memperbesar/memperkecil payudara, memperbesar/memperkecil pantat, liposuction alias membuang lemak di perut, dan sebagainya.

Banyak orang berharap dengan adanya bedah plastik ini mereka bisa mendapatkan bentuk tubuh yang mendekati sempurna.

Halaman
123
Editor: Adrian Yunus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved