Berita OKU

Berita OKU: Dinas Sosial dan Polres OKU Bersinergi Tangani Masalah Sosial "Ngelem"

Polres dan Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu bersinergi untuk mengatasi masalah sosial khususnya penyakit masyarakat.

Berita OKU: Dinas Sosial dan Polres OKU Bersinergi Tangani Masalah Sosial
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
Salah seorang murid PAUD (Pendidikan Usia Dini) Kamtibnas mencium pipi Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana saat Kapolres yang berkunjung ke rumah Aspirasi Kamtibmas. 

Laporan wartawan sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA---Polres OKU dan Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu bersinergi  untuk mengatasi masalah sosial khususnya berkaitan dengan penyakit masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Saipul  Kamal SKM  Epid dan Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari  kepada wartawan  Rabu (3/10/2018) menjelaskan, permasalahan yang kini mendesak untuk ditanggulangi adalah kecanduan lem aibon ‘ngelem” di kalangan anak-anak usia dini dan masalah anjal yang sudah memiliki komunitas dan perlu penanganan segera termasuk masalah anak punk dan balapan liar.

Untuk mengatasi permasalahan ini memang dibutuhkan kerjasama tim, dalam waktu dekat akan dilakukan razia  lokasi yang menjadi  tempat favorit anak ngelem.

Baca: Berita Palembang: Penjualan Logam Mulia Bulan September 2018 Mengalami Tren Positif

Menurut Kepala Dinas Sosial, lem yang digunakan oleh komunitas anak-anak tersebut buka lem aibon biasa tapi memang lem khusus yang  terindikasi merusak syaraf  bahkan lebih berbahaya dari narkoba.

Apabila anak sudah kecanduan lem maka masa depannya akan hancur dan itulah sebabnya pemerintah melalui Dinas Sosial bekerjasasama dengan apara t kepolisian segera akan melakukan razia.

Selanjutanya dilakukan penyuluhan  dan edukasi kepada para orangtua agar lebih memperhatikan perkembangan anak-anaknya.

Dikatakan Kadin pihaknya juga sudah melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Pondok Pesantren, Rumah Sakit dan pihak-pihak terkait lainnya untuk penangangan masalah-masalah sosial.

Baca: Berita Muba:Makam Ika Nurjanah Ibu Hamil Korban Perampokan Dibongkar untuk Kepentingan Otopsi

Dikatakan Saipul, tahun depan Kabupaten Ogan Komering  Ulu segera membangun  Rumah Singgah untuk  anak-anak terlantar yang membutuhkan perhatian pemerintah.

Di rumah singgah ini nantinya  anak-anak terlantar  dapat diberikan hak-haknya seperti hak mendapatkan pendidikan, hak beribadah dan hak-hak dasar anak yang selama ini tidak didapatkan. 

Sedangkan Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari menjelaskan pihaknya siap bekerjasama dengan Dinas Sosial mengatasi masalah anak punk, anjal dan kebut-kebutan liar serta anak-anak yang sering ngelem.

“Kita ingin  Kabupaten OKU ini menjadi Kabupaten yang aman dan  warganya nyaman ,” kata Kapolres seraya menambahkan itulah sebabnya komunitas punk dan anjal  harus diatasi sedini mungkin. (eni) 

Penulis: Leni Juwita
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved