News Video Sripo

Video Peringati Hari Batik Nasional SDN 157 Palembang Kompak Kenakan Batik

Memperingati hari batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa 2 Oktober 2018 ada pemandangan berbeda di SDN 157

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilahkim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memperingati hari batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa 2 Oktober 2018 ada pemandangan berbeda di SDN 157 Palembang.

Pantauan Sripoku.com, semua siswa kelas 1 hingga kelas 6 tampak mengenakan seragam yang bermotif batik, mulai dari kemeja, kutu baru, kain jupri, kaftan hingga dress semua bermotif batik.

Selain itu, seluruh dewan guru pun turut mengenakan seragam yang bermotif batik.

Khiara Al-diva Asyfaqa, salah seorang murid kelas 1 D mengaku baru mengetahui kalau hari ini merupakan hari batik nasional.

"Ya pokoknya disuruh pakai batik aja, karena di TK kemarin belum ada dan baru tahu kalo hari ini hari batik nasional" Ujar Khiara kepada Sripoku.com

Walasri, kepala sekolah SDN 157 Palembang mengungkapkan rasa kecintaannya terhadap salah satu warisan budaya tersebut.

"Karena hari ini merupakan hari batik nasional, maka dari itu kita harus tanamkan kecintaan kita terhadap salah satu warisan budaya Indonesia ini kepada anak-anak sejak dini. Dan sudah sepatutnya budaya Indonesia ini (batik) harus dijaga dan dilestarikan mulai dari lingkup sekolah" Ujar Walasri kepada Sripoku.com, Selasa (02/10/2018).

Lebih jauh Walasri mengatakan mewajibkan seluruh siswa dan guru mengenakan batik pada hari batik nasional sudah dilakukan sudah 2 tahun terakhir.

Tidak hanya memperingati hari batik nasional namun hari besar lainnya juga diperingati oleh sekolah yang terletak di Jalan Letnan Simanjuntak Kelurahan Pahlawan Palembang ini.

Misalnya hari membawa bekal nasional pun turut diperingati dengan mengajak seluruh siswa untuk membawa bekal dan makan bersama.

Selain itu, dalam waktu dekat Walasri mengatakan pada 28 Oktober nanti merupakan Hari Sumpah Pemuda dan seperti tahun-tahun sebelumnya untuk memperingatinya seluruh siswa dan guru pun wajib mengenakan pakaian adat dan juga berbagai lomba pun digelar, salah satunya fashion show siswa.

Uniknya, meski momen batik nasional hanya mewajibkan guru dan siswa mengenakan batik, namun ada sebagian walimurid SDN 157 Palembang yang turut berpartisipasi mengenakan seragam bercorak batik.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved