Lakukan 4 Hal Ini ! Jika Terjadi Gempa Saat Anda Berada di Hotel

Apabila gempa bumi terjadi saat Anda berada di kamar hotel, cepat lari ke tempat kokoh yang telah Anda identifikasi di awal

Lakukan 4 Hal Ini ! Jika Terjadi Gempa Saat Anda Berada di Hotel
Dok Humas Kantor SAR Palu
ILUSTRASI : Tim SAR menemukan salah satu korban meninggal dunia dari reruntuhan Hotel Roa Roa Palu akibat gempa, Minggu (30/9/2018). 

SRIPOKU.COM - Anda harus selalu siap dan siaga saat berwisata di daerah Indonesia. Sebab Indonesia berada di Cincin Api Pasifik, yang mengakibatkan rawan gempa bumi dan potensi tsunami.

Jangan hanya mengandalkan mitigasi bencana daerah. Hafalkan betul langkah evakuasi diri ketika terjadi bencana gempa bumi seperti dilansir dari BBC berikut ini:

1. Saat Masuk Kamar Hotel

Saat Anda masuk ke kamar hotel, identifikasi tempat-tempat aman untuk bersembunyi jika terjadi gempa bumi. Carilah kolong meja yang kokoh, jauhi jendela, cermin, dan perabotan yang mudah jatuh.

Jauhi juga bingkai pintu karena bagian ini biasa lebih mudah roboh dari bagian bangunan lain.

Kemudian hafalkan peta evakuasi yang biasanya berada di belakang pintu kamar. Jika tidak ada, hafalkan letak tangga darurat dan jaraknya dari kamar Anda.

2. Jika Terjadi Gempa Bumi

Apabila gempa bumi terjadi saat Anda berada di kamar hotel, cepat lari ke tempat kokoh yang telah Anda identifikasi di awal.

Misalnya kolong meja. Jika kamar Anda sama sekali tidak ada perabotan kokoh, berjongkoklah di sudut dalam bangunan. Tutup wajah dan kepala Anda dengan bantal.

Jika Anda berada di luar ruangan, bergeraklah sejauh mungkin dari bangunan dan benda yang berada di bagian atas (contoh baliho, lampu jalanan).

Halaman
12
Tags
gempa
Hotel
Editor: Adrian Yunus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved