Berita Palembang

Ganggu Keseimbangan Jembatan, Dua Landasan Jembatan Ampera Alami Korosi Parah

Pasca mempercantik Jembatan Ampera, Balai Besar Jalan Negara (BBJN) Wilayah V fokus pada perbaikan landasan jembatan

Ganggu Keseimbangan Jembatan, Dua Landasan Jembatan Ampera Alami Korosi Parah
IST
Bagian landasan Jembatan Ampera yang mengalami korosi yang tergolong parah 

Laporan wartawan Sripoku.com, Siti Olisa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pasca mempercantik Jembatan Ampera, Balai Besar Jalan Negara (BBJN) Wilayah V fokus pada perbaikan landasan jembatan yang mengalami korosi karena air hujan.

Dari 32 landasan yang ada, dua titik landasan mengalami korosi tergolong parah sehingga diperlukan penanganan segera agar kerusakan tidak semakin parah.

Meskipun tidak menganggu struktur jembatan, korosi ini harus segera ditangani karena kalau dibiarkan korosinya semakin parah akan berdampak pada keseimbangan jembatan.

Baca: Berkat Benda Ini, Widya Tak Kesepian di Kamar Tidur

Suwarno mengatakan, penyebab dari keroposnya landasan jembatan itu karena air hujan. Memang tidak mempengaruhi struktur jembatan tapi saat landasan keropos itu akan mempengaruhi keseimbangan landasan lainnya.

PPK Jembatan Metropolis BBPJN Wilayah V, Suwarno, Kamis (27/9) mengatakan, sebenarnya penanganan ini dilakukan tahun ini, tapi karena anggaran terbatas perbaikkan baru dianggarkan tahun 2019 nanti.

Baca: Liverpool Takluk dari Chelsea, Arsenal Lolos Bersama Tottenham Hotspur

"Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah kami sudah melakukan proteksi dengan cara dibungkus dengan bahan khusus," ujarnya.

Suwarno mengatakan untuk perbaikan landasan ini, pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 17 miliar termasuk dana maintance rutin. 

"Satu landasan ini biayanya Rp 1 miliar, yang mahal itu biaya pengangkatannya jembatan nanti yang bisa memakan dana sampai Rp 6 miliar," ujarnya.

Baca: Begini Tips Agar Make Up Awet Dari Pergi Sampai Pulang Kerja

Pengerjaan jembatan ini memerlukan waktu sekitar satu bulan dan kemungkinan akan dilaksanakan pada Agustus 2019 mendatang.

"Untuk mengerjakan perbaikan ini nanti kami akan mengangkat jembatan setinggi 3 cm, tidak akan ada penutupan jalan, hanya saja nanti akan berpengaruh pada kenyamanan pengendara," ujarnya.

Pihaknya akan memasang plat baja sehingga kendaraan masih nyaman melalui jembatan.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved