Berita Empatlawang

Listrik di Empatlawang Sering Padam Jadi Penyebab Lambatnya Penertiban Dokumen Kependudukan

Seringnya listrik padam di Kecamatan Tebingtinggi, membuat kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empatlawang

Listrik di Empatlawang Sering Padam Jadi Penyebab Lambatnya Penertiban Dokumen Kependudukan
SRIPOKU.COM/AWIJAYA
Sejumlah masyarakat sedang mengurus dokumen kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Empatlawang, Rabu (26/9/2018) 

Laporan wartawan Sripoku, A Wijaya

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG -- Seringnya listrik padam di Kecamatan Tebingtinggi, membuat kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Empatlawang terganggu, khususnya dalam penerbitan dokumen kependudukan seperti KTP, kartu keluarga dan akte lahir.

Kabid Pencatatan Sipil Empatlawang, Murnianto mengatakan efek dari sering byar-pet di jam kerja yakni sulitnya koneksi ke jaringan pusat atau koneksi ke sistem SIAK.

Terkadang butuh waktu berjam-jam untuk bisa masuk atau tersambung ke jaringan SIAK.

Baca: Paul Pogba Dipastikan Tak Lagi Sebagai Kapten di Manchester United

"Sehingga sering terjadi penumpukan berkas dan waktu pembuatan dokumen penduduk jadi terhambat," ungkap Murnianto kepada Sripo.

Dikatakan Murni sementara mesin genset tidak bisa menghidupkan semua peralatan atau server ketika listrik sedang padam.

"Dan juga kalau listrik padam selalu pakai genset terus, idak keminyakan lagi pakai genset, "

Dijelaskanya, jika tidak ada kendala dari server maupun PLN perekaman e-KTP bisa selesai kurang dari tiga minggu setelah proses perekaman.

Baca: Aturan UU Larang Kepala Daerah Rangkap Jabatan, Mendagri Sebut Tak Jadi Masalah

"Untuk waktu e-KTP, misalnya sekarang rekaman paling lama tiga minggu selesai, sedangkan Kartu keluarga (KK), akte kelahiran itu prosesnya satu hari sudah selesai bisa ditunggu, asalkan komputer konek ke server pusat dan kepala dinas ada," jelasnya

Supriyadi salah seorang warga berharap agar, pengurusan di Disdukcapil tambah cepat sehingga waktu warga berurusan semakin singkat.

Baca: APPKTM dan HTM Target Kuasai Penjualan Hingga Tingkat Kelurahan di Palembang

"Kami perharap agar setiap urusan di Disdukcapil lebih cepat lagi, terkadang masyarakat luar kecamatan Tebingtinggi yang juga ikut mengantri buat dokumen penduduk, kalau belum selesai dalam sehari kan bisa repot bolak balik, "katanya.

Penulis: Awijaya
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved