Mampukah Manusia Bertahan Lama Tanpa Tidur?

Tubuh kita butuh tidur teratur untuk dapat melakukan fungsi fisiologis yang penting, seperti perbaikan otot atau jaringan, memori

Mampukah Manusia Bertahan Lama Tanpa Tidur?
ISTIMEWA
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM - Para ahli menyarankan agar kita tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam. Tubuh kita butuh tidur teratur untuk dapat melakukan fungsi fisiologis yang penting, seperti perbaikan otot atau jaringan, memori dan sintesis hormon.

Namun, bagi manusia modern setiap waktu harus selalu produktif. Terkadang mereka mengorbankan waktu tidur untuk bekerja atau bersantai sampai larut malam.

Berita Lainnya:
5 Jenis Cemilan Ini Ternyata Dapat Bikin Tidur Anda Lebih Nyenyak

Sebenarnya berapa lama seseorang mampu secara fisik tanpa tidur?

Randy Gardner pria asal Amerika yang saat ini berusia 70 tahun adalah pemegang "rekor dunia" untuk tidak tidur selama 11 hari 25 menit.

W. Christopher Winter, ahli syaraf dan sekaligus peneliti tidur dari Amerika, mengaku skeptis dengan catatan rekor ini.

"Tim peneliti mengakui bahwa dia mengalami 'tidur mikro' yang konstan atau periode tidur singkat yang hanya berlangsung beberapa detik selama penelitian," kata Winter.

Jika seseorang mampu tidak tidur selama berhari-hari, tentu kesehatan mentalnya akan terganggu.

Sebagai contoh, tahun 1959 presenter radio bernama Peter Tripp memutuskan untuk menyiarkan acaranya dari tengah Times Square selama 201 jam secara langsung untuk menggalang dana bagi sebuah yayasan.

Pada hari ketiga, efek kurang tidur pada mental Tripp mulai terlihat. Ia memaki-maki orang di sekitarnya dan berhalusinasi melihat laba-laba.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved