Berita Palembang

Promosikan Kawasan JSC ke Kancah Internasional, Tawarkan Jadi Homebase Timnas Asia Tenggara

Kementerian Pemuda dan Olahrga (Kemenpora) untuk mempromosikan kawasan Jakabaring Sport City (JSC) ke kancah internasional.

Promosikan Kawasan JSC ke Kancah Internasional, Tawarkan Jadi Homebase Timnas Asia Tenggara
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Managemen Promosi dan Promosi Industri Olahraga, di Wyndham Hotel Palembang, Rabu (19/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kesuksesan Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 lalu menjadi modal utama Kementerian Pemuda dan Olahrga (Kemenpora) untuk mempromosikan kawasan Jakabaring Sport City (JSC) ke kancah internasional.

Salah satu peluang yang kini diincar yakni menawarkan sejumlah venue yang ada untuk dijadikan homebase bagi tim nasional negara-negara di Asia Tenggara.

Asisten Deputi dan Promosi Olahraga Kemenpora, Sandi Suwardi Hasan mengatakan, kawasan JSC di Palembang saat ini sudah mendapatkan pengakuan dunia internasional berkat kesuksesan gelaran Asian Games 2018 lalu. Oleh karena itu, peluang ini harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Baca: (LIVE Streaming OCHANNEL) PS TIRA vs PSM Makassar, Juku Eja Harus Usaha Keras Demi Kemenangan

"Kami menargetkan Jakabaring ini dapat dimanfaatkan sejumlah negara lain sebagai homebase untuk meningkatkan kualitas atletnya. Minimal untuk negara di Asia Tenggara terlebih dahulu," ujarnya disela pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Managemen Promosi dan Promosi Industri Olahraga, di Wyndham Hotel Palembang,
Rabu (19/9/2018).

Baca: 8 Cara Mencegah dan Mengusir Semut dari Rumah Pakai Bahan Alami, Salah Satunya Karet Gelang

Guna mendukung target tersebut, Kemenpora bersama Pemerintah Provinsi Sumsel sudah menjadwalkan di tahun 2019 sedikitnya sudah ada delapan even kejuaraan olahraga yang akan dipertandingkan di JSC.

Diantaranya panjat tebing, bowling, triathlon, menembak, voli pantai, dan dayung.

"Kami juga sudah menyampaikan izin kepada Menpora untuk penyelenggaraan sejumlah even tersebut. Kalau untuk lokal, kita sendiri sudah bisa ditentukan lah ya," jelas Sandi.

Baca: Mirip Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Sakit Flu dan Pilek

Tak hanya sekadar menawarkan JSC ke kancah internasional, ia berharap sejumlah even internasional di Palembang dapat berdampak terhadap perekonomian masyarakat khususnya di sektor industri merchandise.

"Dengan adanya even-even olaharaga yang rutin terselenggara maka akan banyak potensi yang bisa dikembangkan, misalnya di sektor kuliner, kerajinan, hingga paket wisata," katanya.

Baca: Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan, pihaknya terus berkordinasi dengan Kemenpora untuk memantapkan kesiapan sejumlah even yang telah dijadwalkan di tahun depan.

"Mudah-mudahan sebutan Jakabaring ini akan lebih diperkokoh dengan even-even yang sudah dilaksanakan, seperti Asian Games lalu. Itulah bagian dari industri olahraga yang bisa menjadi daya pikat utama venue-venue di JSC," ungkapnya.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved