John Lennon Pernah Minta Paul McCartney Lakukan Ini di Otaknya!

John Lennon, pernah mencoba meyakinkan dirinya untuk mengebor lubang di tengkoraknya sebagai bentuk praktik bernama trepanning.

John Lennon Pernah Minta Paul McCartney Lakukan Ini di Otaknya!
LELANG GITAR JHON LENNON

SRIPOKU.COM - Paul McCartney mengungkapkan bahwa rekan satu band-nya dulu, John Lennon, pernah mencoba meyakinkan dirinya untuk mengebor lubang di tengkoraknya sebagai  bentuk praktik bernama trepanning.

dikutip dari coveasia.com, Trepanation adalah istilah kedokteran zaman dulu untuk pengeboran lubang di kepala, tanpa obat bius. Trepanation adalah prosedur bedah tengkorak tertua dalam sejarah, tercatat kembali zaman manusia gua sejauh 7 ribu tahun lalu di era Mesolitik awal.

Pengeboran kepala pasien dalam keadaan sangat sadar ini paling sering digunakan sebagai pengobatan untuk epilepsi dan kejang, migrain, abses, pembekuan darah, dan bahkan kegilaan.

Menariknya, ada rekam bukti bahwa sebagian besar pasien dari prosedur ini selamat dan mampu bertahan hidup. Di zaman modern ini, dokter masih menggunakan trepanation, meskipun hanya untuk beberapa operasi terbatas yang sangat spesifik dan dalam metode yang jauh lebih aman.

dilansir dari ethicaldigest.com,  prosedur ini dalam ilmu kedokteran modern masih digunakan. Misalnya, untuk kasus hematoma epidural atau subdural. Trepanasi dapat dimanfaatkan untuk dilakukannya prosedur pembedahan saraf lainnya, seperti monitoring tekanan intrakranial. Prosedur yang kita kenal sebagai kraniotomi ini, dilakukan menggunakan alat berlapis berlian, yang jauh lebih canggih dan aman bagi jaringan lunak.

Tengkorak manusia setelah melakukan praktik trepanning
Tengkorak manusia setelah melakukan praktik trepanning (Ancient Origins)

Menurut Paul, John Lennon mulai tertarik dengan trepanning di tahun 60-an. "Kami semua pernah membaca tentang hal tersebut. Tentang seni kuno trepanning," ungkap Paul kepada GQ.

Dia mengatakan: "Yang perlu kau lakukan cuma membuat lubang kecil di tengkorakmu dan itu akan melepaskan tekanan di dalam otak. Yah, itu terdengar masuk akal sih. Tapi John, kau coba dulu dan setelah itu kabari aku."

 
Paul menambahkan bahwa John Lennon benar-benar menyarankan agar mereka membuat lubang di kepala mereka.

Tentu saja hal tersebut ditolak oleh Paul karena ya siapa juga yang mau.

Namun itu nggak lantas membuat Paul marah kepada John atau sebaliknya. Menurutnya, John Lennon sudah paham akan dirinya apabila dia nggak mau berarti dia memang benar-benar nggak mau.

Dan Paul juga nggak berpikir bahwa John memang benar-benar serius akan hal tersebut, karena John memang sering membicarakan hal-hal aneh. (*)

sumber awal ; http://hai.grid.id/

Penulis: Budi Darmawan
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved