Berita Palembang

Pasca Asian Games, Okupansi Hotel di Palembang Turun Drastis, Harga Kamar Kembali Normal

Berakhirnya Asian Games 2018 pada 02 September lalu berdampak pada okupansi hotel di Kota Palembang.

Pasca Asian Games, Okupansi Hotel di Palembang Turun Drastis, Harga Kamar Kembali Normal
SRIPOKU.COM/TRESIA SILVIANA
Hotel Santika Palembang yang terletak di Jalan Brigjen HM Dhani Effendi (Jalan Radial) No 1688 Palembang 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Berakhirnya Asian Games 2018 pada 02 September lalu berdampak pada okupansi hotel di Kota Palembang.

Penurunan jumlah kunjungan bahkan sudah mulai dirasakan sejak pekan lalu sebelum perhelatan olahraga terakbar di Asia resmi ditutup.

Baca: Talang Buluh Status quo Palembang Ingatkan Pemkab Banyuasin tak Berikan Izin Bangunan.

"Tamu hotel yang menginap sudah mulai pulang sebelum penutupan Asian Games karena memang tugasnya sudah selesai. Layanan kembali normal dan lumayan sepi," ujar Public Relation Hotel Batiqa Palembang Gaby S Putri, Selasa (04/08/2018).

Dikatakannya pula raata-rata tamu yang menginap di hotelnya saat Asian Games merupakan tamu VIP yang bertugas sebagai delegasi teknis, seperti National Technical Officer (NTO) dan International Technical Officer (ITO).

Baca: Diskon Mobil Baru Mulai Dari Rp 15 Juta Sampai Rp 30 Juta Untuk Beberapa Merek Dan Model Ini

Hotel bintang empat yang berada di Jalan Radial Kota Palembang, Hotel Santika Radial juga mengatakan hal yang sama tentang penurunan tamu yang menginap.

Public Relation Hotel Santika Radial Palembang, Siti Dewinta Anggraini mengungkapkan kini pihaknya pun telah menetapkan kembali harga normal untuk tarif menginap.

Baca: Gelar Kumite Tiap Bulan, Wadokai Sumsel Jaring Calon Karateka Level Asian Games

"Harga publish rate saat Asian Games Rp 1.250.000 untuk tipe kamar superior saat ini kembali lagi ke harga low season terendah seharga Rp 695 ribu," terangnya.

Hotel Aston pun merasakan pengurangan jumlah kunjungan tamu yang menginap hingga 40 persen.

Baca: 4 Kali Ikuti Job Fair. Dira Yuliza : Cari Kerja & Jodoh Sama Sulitnya, Harus Cocok Semua Aspek

Selain itu pula menurut Public Relation Hotel Aston Palembang, Valentshia Lim ajang olahraga terbesar tersebut tidak menyumbang peningkatan yang berarti terhadap permintaan menginap di hotel.

"Peningkatan maupun penurunan okupansi tidak terlalu signifikan karena sebenarnya Asian Games tidak terlalu berpengaruh terhadap tingginya kunjungan. Sebelum dan setelah Asian Games masih cenderung sama

Baca: Hilangkan Noda Tinta Secara Efektif Dengan Salah Satu Dari 7 Bahan Rumah Tangga Ini

Sementara itu, Marketing Communication Manager Aryaduta, Diah Pangesti menjelaskan jika sekarang ini okupansi masih tetap tumbuh sampai 80 persen dan didominasi oleh tamu lokal.

Diakuinya penambahan jumlah tamu yang menginap hanya berkisar 30 persen saat pesta olahraga tersebut digelar di Palembang.

Baca: Baru Dua Hari Usai Asian Games, Kebakaran Lahan Kosong di Jakabaring Kembali Terjadi

"Okupansi kita sebenarnya sudah di atas 50 persen meski di low season. Asian Games lalu memang 100 persen tetapi sekarang hanya ada permintaan dari corporate dan government lokal." katanya.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved