Berita Palembang

Cetak Bibit Unggul Pebasket, Pemprov Sumsel Bekerja Sama Jr NBA, 5000 Guru Olahraga Bakal Dilatih

Salah satunya lewat kerjasama dengan Jr NBA guna memberi pelatihan untuk anak-anak usia sekolah cabang olahraga basket

Editor: Siti Olisa
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin bersama perwakilan Jr NBA saat membahas tentang pengembangan olahraga basket di Sumsel 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Komitmen serius untuk terus mengembangkan dunia olahraga lebih maju di Bumi Sriwijaya terus ditunjukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satunya lewat kerjasama dengan Jr NBA guna memberi pelatihan untuk anak-anak usia sekolah cabang olahraga basket di kabupaten/kota di Sumsel.

Dan sebagai tindak lanjut dari komitmen tersebut, dalam waktu dekat Pemprov Sumsel akan juga turut memberikan pelatihan pada 5000 guru olahraga serta pelatih di Palembang Sport and Convention Center (PSCC).

Baca: Ulangi Rekor Marouane Fellaini, Untaian Maaf Rashford Usai Tanduk Eks Pemain Setan Merah

Dimana nantinya, guru olahraga dan pelatih menjadi tongkat estafet Jr NBA dalam mencetak bibit-bibit terbaik dalam dunia olahraga basket.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengapresiasi langkah besar tersebut.

Ia pun berharap dimasa mendatang akan lahir pemain basket terbaik di Indonesia bahkan dunia yang berasal dari Sumsel.

Baca: Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Teknik UPGRI Edukasi Warga Mariana Banyuasin Olah Air Bersih

"Kita sangat berterima kasih, Jr NBA memilih anak-anak Sumsel untuk dilatih jadi pemain basket. Mereka ini (Jr NBA-red) tak dibayar sama sekali, mereka menyiapkan sarana dan prasana sendiri bahkan sampai silabus pendidikan soal olahraga basket yang begitu tebal yang sangat bermanfaat," jelasnya, Senin (3/9/2018) saat dijumpai di Griya Agung.

Menurut Alex, ini bukanlah sekedar kunjungan namun lebih dari itu, karena Jr NBA memberikan penghargaan pada suatu daerah yang benar-benar melaksanakan kegiatan olahraga ditengah keterbatasan.

Baca: Sopir Ngantuk, Toyota Hilux Hantam Tiang LRT di Jalan Kol H Barlian Km 6 Palembang

Sumsel terpilih bukan tanpa alasan, Jr NBA melihat komitmen serius Pemprov dalam hal pengembangan dunia olahraga yang tercermin dari banyaknya even serta fasilitas olahraga berskala internasional.

"Jauh sebelum Asian Games ada, komitmen Pemprov Sumsel untuk pengembangan dunia olahraga sudah terlihat, mulai dari PON, Sea Games, Islamic Solidarity Games dan lainnya. inilah yang kemudian dilihat oleh dunia sebagai nilai plus kita," ungkap Alex.

Baca: Ini Dia Ponsel Saingan Xiaomi Redmi 5A, Harga Dibawah Rp 1 Juta, Dengan Kualitas Layar Lebih Tinggi

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong setiap sekolah untuk punya lapangan basket mengingat untuk menghadirkan fasilitas olahraga basket juga tak begitu mahal.

Sementara, perwakilan Jr NBA, Jim Wong menambahkan, jika Jr.NBA memberikan komitmen kepada Gubernur Sumsel untuk mengembangkan program dari Jr ini. Namun tidak hanya sampai tahun depan tapi tahun-tahun yang akan datang juga.

Baca: Polresta Depok Minta Imigrasi Cegah Nur Mahmudi Ismail dan Harry Prianto ke Luar Negeri

"Sumsel bukan hanya jadi pioner di Jr.NBA tapi juga jadi pelaksanaan program model baru yang bisa diikuti tempat lain. Kami berharap program ini dapat dukungan semua pihak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo menambahkan, guru SD, SMP, SMA dan pelatih nanti dikumpulkan untuk dilatih serentak di 20 September 2018, diharapkan kegiatan ini akan memunculkan kesadaran, kecintaan, dan semangat untuk bermain basket walau hanya dengan alat sederhana.

Baca: Firza Husein Buat Histeris Kaum Hawa di Closing Ceremony Asian Games 2018, Ini Alasannya

"Seperti di Pagar Alam mereka gunakan keranjang untuk metik teh sebagai ring basket, inilah yang kemudian dilihat Vietnam, Thailand dan Malaysia unik. Meski belum punya silabus olahraga basket di sekolah tapi Kita berangsur-angsur akan kawinkan dengan Jr NBA kedepannya," tutupnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved