Berita Palembang

Pengerjaan Jembatan Musi IV Terus Dikebut, Targetkan Awal November 2018 Bisa Dilintasi

Pengerjaan jembatan Musi IV terus dikebut agar jembatan penghubung yang diharapkan dapat mengurai kemacetan di Jembatan Ampera tersebut

Pengerjaan Jembatan Musi IV Terus Dikebut, Targetkan Awal November 2018 Bisa Dilintasi
https://properti.kompas.com/
Pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan. (Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.com, PALEMBANG-- Pengerjaan jembatan Musi IV terus dikebut agar jembatan penghubung yang diharapkan dapat mengurai kemacetan di Jembatan Ampera tersebut, bisa segera difungsionalkan untuk masyarakat pada awal November nanti.

"Itu target kami di awal November nanti bisa dilintasi baik motor ataupun mobil jenis city car. Sekarang kami masih berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan Kepolisian terkait lalu lintas, marka, lampu dan rambu jalan di atas jembatan nanti, setelah semua beres baru bisa dibuka untuk umum," jelas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV, Suwarno Minggu(2/9/2018)

Animasi Jembatan Musi IV Palembang yang akan rampung 2018.
Animasi Jembatan Musi IV Palembang yang akan rampung 2018. (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

Selain itu, kata Suwarno, pihaknya juga telah mengundang Dishub dan Kepolisian untuk meninjau rekayasa lalu lintas di jalan akses kawasan Jalan Azhari, mengingat kemungkinan saat jembatan tersebut dibuka akses jalur pendekat belum tersedianya.

"Lahan yang perlu dibebaskan sekitar 873 meter, dimana lahan tersebut merupakan untuk jalan akses antara Jalan Azhari ke Jalan Ahmad Yani. Pemprov Sumsel baru akan merealisasikan pembebasan lahanya di semester kedua tahun ini. Sedikitnya butuh dana Rp 35 Miliar untuk pembangunan jalan akses tersebut. Pengerjaan sendiri nanti memakan waktu delapan bulan," ujarnya.

Baca: ORANG HILANG, Aina Pamit Keluar Rumah Nonton Lomba 17 Agustus hingga Kini tak Pernah Pulang

Baca: Hasil Akhir Klasmen Medali Asian Games 2018, Indonesia Guncang Asia, Iran Dikudeta Uzbekistan

Lanjut Suwarno, Saat ini progres pengerjaan Jembatan Musi IV sudah mencapai 91,3 persen. Dimana, pihaknya tengah merampungkan sejumlah pengerjaan pengecoran untuk diafrgama pada bentang jembatan.

"Setelah pengerjaan tiga segmen lagi, perkiraan kami bentang utama di September sudah nyambung. Hanya tinggal satu diagragma lagi yang belum di cor. Pengecoran ini butuh tujuh hari hingga kering," ujarnya.

Sedangkan, untuk penyiapan warna maupun ornamen jembatan Musi IV baru akan dilakukan pada 2019 mendatang.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Sumsel, Ahmad Mukhlis mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 130 miliar di APBD Perubahan 2018 guna menyelesaikan permasalahan ganti rugi lahan milik warga yang terkena dampak pembangunan Jembatan Musi IV dan VI.

"Sudah kita anggarakan, semoga permasalahaan ini akan dapat secepatnya selesai," tutupnya.(*)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved