Breaking News:

Puluhan Pelajar Meriahkan Festival Permainan Anak Tradisional di BKB Palembang

Dinas Pariwisata Kota Palembang menggelar festival Permainan Anak Tradisional yang dipusatkan di Pelataran BKB Palembang

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Para pelajar mensimulasikan permainan meriam bambu pada festival permainan anak tradisional di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (25/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dinas Pariwisata Kota Palembang menggelar Festival Permainan Anak Tradisional yang dipusatkan di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang mulai tanggal 19 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Kabid Wisata dari Dinas Pariwisata Kota Palembang, Hasanul Puad mengatakan, setiap harinya festival permainan anak tradisional di BKB Palembang ini melibatkan 50 hingga 60 siswa dalam memeriahkan beberapa jenis permainan yang telah disediakan.

Baca: Live Streaming Asian Games 2018 Jakarta Palembang Cabor Jujitsu Newaza Putra

Menurutnya, semua siswa yang dilibatkan dalam festival permainan anak tradisional tersebut dari pelajar SMP di Kota Palemambang, baik swasta maupun SMP negeri.

"Tiap harinya kita minimal minta 40 siswa, namun yang datang malah lebih banyak yang dikirim dari sekolahnya, bisa 50 sampai 60 siswa ikut memerihakan beberapa jenis permainan seperti Engrang dan Bakiak Panjang," ungkap Puad kepada Sripoku.com, Sabtu (25/8/2018).

Ia mengatakan, total sekolah yang ikut berpartisipasi ada 16 SMP di seluruh Kota Palembang dan ada jadwal tertentu pada hari yang telah ditetapkan untuk berpartisipasi dalam festival di BKB ini.

Baca: Live Streaming Asian Games 2018 Jakarta Palembang Cabor Tenis, Chinese Taipei VS China

Selain itu, pada festival ini tidak lagi diperlombakan, lantaran pihaknya melibatkan dalam simulasi permainan anak tradisional guna menarik perhatian para turis, baik mancanegara maupun lokal dalam memeriahkan event akbar pesta negara se Asia, yakni Asian Games 2018 di Palembang.

"Sejak dibuka dari tanggal 19 Agustus kemarin, total siswa yang mengikuti festival permainan anak tradisional ini berjumlah ratusan. Di BKB ini juga kita mengadakan festival layangan 3D serta perahu bidar agar lebih banyak pertunjukan yang ditampilkan," jelasnya.

Baca: Indonesia Kalah dari UEA, Luis Milla Pamit dan Ucapkan Terima Kasih Sebelum Pulang ke Spanyol

Sementara itu, adapaun beberapa tangkai permainan pada Festival Permainan Anak Tradisional di BKB ini meliputi, Engrang, Bakiak Panjang, Balap Karung, Giring Ban, Congklak, Bentengan, Lompat Karet (Yeye), Tapak Cadang, Bola Bekel serta Hulahoop.

"Lantaran masi suasana hari kemerdekaan seperti Bulan Agustus, kita juga mengajarkan siswa untuk merasakan perjuangan para pahlawan dengan menghadirkan permainan tradisional meriam bambu di BKB Palembang," jelasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved