Berita Palembang

Marak Tren Berkurban Secara Online, Ini Tanggapan Budayawan Palembang

Febri al Intani mengatakan, meski kini tengah marak tren berkurban secara online namun hal tersebut tidak akan mengurangi esensinya.

Marak Tren Berkurban Secara Online, Ini Tanggapan Budayawan Palembang
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Kegiatan pemotongan hewan kurban di salah satu perusahaan BUMN di Kota Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Budayawan Palembang, Febri al Intani mengatakan, meski kini tengah marak tren berkurban secara online namun hal tersebut tidak akan mengurangi esensi kegiatan yang dapat dilaksanakan sekali dalam setahun.

"Daerah sebaran daging kurban akan semakin luas dan manfaat juga lebih banyak diterima masyarakat yang bahkan dapat menjangkau ke pelosok negeri."

"Saya rasa tren kurban online tidak ada masalah karena yang beda hanya caranya saja," ujarnya kepada Sripoku.com, Sabtu (25/08/2018).

Dia menambahkan, bila nantinya masyarakat juga semakin banyak melakukan kurban ke berbagai daerah yang jauh dari lingkungan tempat tinggal, hal tersebut tidak otomatis mengurangi atau menghilangkan sebaran daging kurban di wilayah asal.

"Setiap tahun akan ada orang yang berbeda melaksanakan ibadah kurban jadi tak perlu khawatir ada warga kurang beruntung yang tidak mendapatkan daging kurban," tambah pria yang juga Ketua Dewan Kesenian Kota Palembang tersebut.

Dilanjutkannya, kurban yang dilakukan melalui jasa lembaga kemanusiaan tidak akan menggerus nilai-nilai budaya atau kebiasaan yang dilakukan warga usai melakukan pemotongan hewan kurban, seperti memasak daging dan makan bersama setelahnya.

Menurutnya, masyarakat menyadari bahwa di hari-hari biasa mereka disibukkan dengan urusan masing-masing, sehingga tak ada salahnya merayakan hari tersebut dengan suka cita dan berbaur dengan anggota masyarakat lainnya.

"Kebiasaan kumpul dengan sesama warga di Hari Raya Qurban tidak akan serta merta hilang sebab sebagian besar warga menyadari momentum tersebut menjadi salah satu kesempatan yang baik untuk bercengkerama." katanya.

===

Baca: Ambisi Beto ‘Turun Gunung’ dari Timnas, Target Hindari Zona Degradasi Sriwijaya FC

Baca: Atlet Cantik Perahu Tradisional Indonesia Ini Justru Lebih Suka Menjadi Drummer

Baca: Raclette Cheese, Sajian Lelehan Keju yang Siap Menggoda, Mau Tahu Cara Buatnya ?

Baca: Hadir di Acara Keluarga Ashanty dan Anang, Sosok ini Muncul dengan Penampilan yang Tidak Biasa

Baca: Suasana Asian Games 2018 Diakhir Pekan, Pengunjung Jakabaring Sport City Palembang Membludak

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved