Suhu Bumi

Empat Tahun ke Depan Suhu Bumi Makin Panas

Empat tahun ke depan penduduk bumi akan melihat fenomena meningginya suhu secara tidak wajar.

Empat Tahun ke Depan Suhu Bumi Makin Panas
kompas.com
Suhu bumi/ilustrasi 

Empat Tahun ke Depan Suhu Bumi Makin Panas

SRIPOKU.COM—Setidaknya empat tahun ke depan—atau bahkan lebih— penduduk  bumi  akan melihat fenomena meningginya suhu  secara tidak wajar. Bahkan fenomena ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya badai tropis.

Bahkan saat ini kita memang sedang menghadapi fenomena perubahan iklim yang cukup mengkhawatirkan.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Nature Communications,  jika kita masih merasa baik-baik saja pada saat ini, setidaknya perlu berhati-hati dan waspada dengan perubahan suhu yang akan terjadi dalam empat tahun ke depan.

Dilansir dari Independent UK, Rabu, (15/08/2018), Florian Sevellec dan tim peneliti dari National Center of Scientific Research (CNRS) mengatakan, perubahan iklim antropogenik jelas merupakan faktor yang berkontribusi terhadap tren pemanasan global, namun ternyata ini bukanlah satu-satunya.

Bahkan rumah kaca yang sebelumnya sering kali diisukan sebagai penyebab utama dari pemanasan global ternyata tidak memiliki kaitan dengan perubahan suhu yang akan datang ini.

Diketahui, isu ini sudah meluntur sejak awal abad ke-21 yang dikenal sebagai “hiatus” pemanasan global.

 Pada periode tahun 1998 hingga 2013, pemanasan global mengalami “hiatus”.

Selama masa ini, perubahan suhu permukaan global melambat karena laut menyerap panas yang berlebih kemudian mendistribusikan energi ke dalam Bumi.

Sevellec dan tim peneliti menggunakan metode baru yang dinamakan PROCAST (PRObabilistic foreCAST), untuk memprediksi suhu permukaan global dengan melacak anomali cuaca yang menyebabkan perubahan iklim.

Halaman
12
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved