Berita Palembang

Besok Wong Palembang Bisa Saksikan Lomba 20 Bidar Prestasi di Sungai Musi, Mulai Pukul 10.00

Untuk bidar prestasi ini, perahu yang dibutuhkan lebih kecil, biaya pengadaannya juga tidak terlalu tinggi, sehingga banyak yang bisa ikut.

Besok Wong Palembang Bisa Saksikan Lomba 20 Bidar Prestasi di Sungai Musi, Mulai Pukul 10.00
Sripoku.com / Rahmad Zilhakim
perahu bidar 

Laporan waratwan Sripoku.com, Siti Olisa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Masyarakat Kota Palembang kembali bisa menikmati lomba bidar di Sungai Musi.

Kalau pada saat HUT RI Jumat (17/8/2018) kemarin, masyarakat Palembang menyaksikan lomba bidar tradisional, pada Minggu (19/8/2018) besok, masyarakat bisa menikmati lomba bidar prestasi dan lomba parade perahu hias.

Baca: Rajinlah Minum Jus Seledri Setiap Hari, Ini 7 Alasannya yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, mengatakan yang membedakan bidar tradisional dengan bidar prestasi salah satunya adalah ukuran perahunya.

Perahu bidar tradisional berukuran besar dengan muatan 50 sampai 60 orang, sedangkan bidar prestasi ukuran perasu lebih kecil, daya tampungnya 20 sampai 30 orang.

Baca: Belum Diluncurkan, HP XIaomi ini Ternyata Sudah Dijual di Indonesia cuma 1 Jutaan, Penasaran ?

"Selain itu lomba perahu bidar tradisional ini memang sudah digelar sejak zaman Belanda dulu, pada saat Ratu Wilhelmina. Masuk masa kemerdekaan, maka perahu bidar digelar setiap HUT RI ditanggal 17 Agustus," ujarnya.

Isnaini mengatakan saat ini perahu bidar tradisional ini sudah semakin sedikit, karena memang untuk pengadaan perahu ini membutuhkan dana cukup besar, satu perahu bisa mencapai Rp 100 juta.

Baca: Empat Tahun ke Depan Suhu Bumi Makin Panas

"Makanya peserta lomba perahu bidar tradisional ini juga sedikit, kemarin itu hanya ada 7 peserta, semuanya dari instansi dan lembaga," ujarnya.

Untuk memberikan kesempatan kepada yang lainnya, pihaknya juga menggelar lomba bidar prestasi.

Baca: Daftar Lengkap Pengisi Acara & Jadwal Opening Ceremony Asian Games 2018, Ini Bentuk Panggungnya

Untuk bidar prestasi ini, perahu yang dibutuhkan lebih kecil, biaya pengadaannya juga tidak terlalu tinggi, sehingga banyak yang bisa ikut.

"Ada 20 perserta yang akan ikut lomba bidar berprestasi ini besok, babak penyisihannya akan dimulai pukul 10.00 WIB. Sedangkan babak finalnya akan berlansung antara pukul 14.00 atau 15.00 WIB, starnya akan dimulai dari Pelabuhan 35 Ilir," ujarnya," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved