Penyaluran KUR BNI Capai 81,43 Persen

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada semester I 2018 mencapai angka 81, 43 persen.

Penyaluran KUR BNI Capai 81,43 Persen
SRIPOKU.COM/mg3
Layanan perbankan di Kantor Pusat BNI Musi yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Kota Palembang. 

Laporan Wartawan Sripoku.com - Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada semester I 2018 mencapai angka 81, 43 persen.

Pemimpin Wilayah BNI Palembang Dodi Widjajanto mengatakan target penyaluran hingga akhir tahun yakni sebesar Rp770 miliar namun hingga bulan lalu baru menyentuh angka Rp627 miliar dan belum menyentuh target proporsional.

"Pencapaian di pertengahan tahun ini memang belum mencapai target proporsional sebesar Rp684, 44 miliar.  Namun kami optimistis akan terlampui di Desember nanti," ujarnya, Kamis (16/08/2018).

Dia menambahkan penyaluran kredit tersebut didominasi oleh sektor perdagangan dan usaha ritel.

Plafon kredit yang diberikan oleh bank BUMN ini maksimal Rp25 juta usaha mikro dan Rp500 juta untuk sektor ritel dan perdagangan.

"Sisanya disalurkan untuk sektor produksi seperti pertanian dan perkebunan, dan industri perikanan," tambahnya.

Meski Bank Indonesia sebagai bank Sentral telah resmi menaikkan suku bunga acuan ke level 5,5 persen, menurut Dodi pihaknya tidak akan serta merta merta menaikkan suku bunga kredit.

"Kami lihat kondisi pasar dulu dan akan dilakukan pengkajian. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kenaikan suku bunga yang naik secara tiba-tiba," katanya.

Dilanjutkannya untuk menaikkan suhu bunga tidak bisa secara instan sebab kenaikan suku dipengaruhi oleh beberapa faktor  di antaranya  yakni  likuiditas, pertumbuhan kredit dan rasio kredit  bermasalah serta portofolio masing-masing bank.

"Misalnya saja pengajuan kredit telah disetujui pada bulan lalu dengan suku bunga lama sementara suku bunga kredit naik bulan ini, hal tidak tidak akan otomatis menjadikan suku bunga berubah." tutupnya. (mg3)

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved