Berita Palembang

Sekolah Gratis vs Dorongan Keluarga, RBC Wujudkan Impian Anak-anak Sungai Pedado

Intan berlari kegirangan sambil sesekali memandangi selebaran tentang sekolah gratis yang diperolehnya dari salah satu temannya.

Sekolah Gratis vs Dorongan Keluarga, RBC Wujudkan Impian Anak-anak Sungai Pedado
ISTIMEWA
Suasana belajar di RBC Sungai Pedado Palembang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Siti Olisa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Intan berlari kegirangan sambil sesekali memandangi selebaran tentang sekolah gratis yang diperolehnya dari salah satu temannya.

Setidaknya tulisan sekolah gratis ini memberikan secercah harapan untuk masa depannya, meyakinkan orang tuanya bahwa dirinya tetap bisa sekolah tanpa harus menggunakan biaya.

Namun keinginan Intan tiba-tiba langsung pupus ketika orangtuanya tetap ngotot dengan pendiriannya, 'membunuh' mimpi Intan untuk menjadi sarjana.

Bukan tanpa alasan, karena orangtua Intan sadar sekolah gratis itu tidak sepenuhnya gratis, masih banyak keperluan sekolah lainnya yang harus dipenuhi sendiri.

Apalagi Sungai Pedado yang menjadi tempat tinggal Intan dan keluarganya tidak ada sekolahan terdekat, kalau pun ada mereka harus menempuh jarak jauh dengan menyeberangi sungai atau menggunakan transportasi darat.

Untuk biaya operasional ini sulit dipenuhi oleh orangtua Intan. Karena alasan ini, orang tua Intan ngotot menyuruh anaknya untuk berhenti sekolah.

Potret kehidupan ini diceritakan oleh Evan Saputra, Pendiri Rumah Belajar Ceria (RBC) di Sungai Pedado Palembang.

Tidak hanya Intan, sebelumnya juga banyak anak usia sekolah lainnya yang harus berhenti sekolah hanya karena masalah ekonomi ditambah dengan pikiran kolot para orangtua yang masih menganggap sekolah ini tidak penting.

"Ada beberapa siswa SD yang putus sekolah karena alasan keterbatasan ekonomi. Walaupun biaya sekolah gratis, tetapi ada beberapa keperluan sekolah yang masih membutuhkan dana," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Siti Olisa
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved