Berita Palembang

Fahmi M Al Farisy, Siswa SMA N 3 Palembang Raih Perak di Ajang Olimpiade Matematika Korea

Pertama kalinya berkompetensi tingkat dunia, Fahmi M Al Farisy langsung berhasil mengharumkan Sumsel dengan prestasi yang diraihnya.

Fahmi M Al Farisy, Siswa SMA N 3 Palembang Raih Perak di Ajang Olimpiade Matematika Korea
KOLASE SRIPOKU.COM/YULIANI
Fahmi M Al Farisy saat didampingi Kepala SMA N 3 Palembang, Dra Hj Purwiastuti Kusumastiwi, MM saat menunjukkan medali perak, Selasa (7/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Pertama kalinya berkompetensi tingkat dunia, Fahmi M Al Farisy langsung berhasil mengharumkan Sumsel dengan prestasi yang diraihnya.

Lewat olimpiade Matematika, World Mathematics Invitational yang diselenggarakan di Seoul Korea Selatan belum lama ini, siswa kelas XI SMAN 3 Palembang ini berhasil memboyong medali perak.

Tentu saja prestasi ini bukan hal yang mudah, mengingat sulung dari tiga bersaudara ini harus bersaing dari seluruh peserta di penjuru dunia.

"Saya merasa tertantang karena pesertanya banyak. Apalagi seleksinya benar-benar ketat dan membutuhkan keseriusan," ujar Fahmi saat ditemui di sekolahnya, Selasa (7/8/2018).

Baca:

Didesak Jadi Cawapres Prabowo, Akhirnya Ustaz Abdul Somad Ungkap Isi Hatinya, Kebinasaan & Harapan

Trending #1 Youtube, Ini Link Download Lagu Terbaru Nissa Sabyan Atouna El Toufoule Serta Liriknya

Ia menceritakan, awal mula seleksi diadakan di tingkat kota tepatnya di Sekolah Al Azhar beberapa waktu lalu. Lantas dari Palembang terpilihlah tiga orang yang berangkat untuk jenjang SMA, yakni dirinya dan dua lagi dari SMAN Sumsel ke Korsel .

"Saat di Korea masih diseleksi lagi. Soalnya ada pilihan ganda dan esai. Dua hari kemudian barulah pengumuman," ungkap remaja kelahiran Palembang 8 Mei 2002 ini.

Meskipun banyak peserta dari Asia, namun ada juga yang datang dari Amerika dan Bulgaria. Ia berharap prestasi ini merupakan jembatan keberhasilannya untuk mewujudkan cita-citanya bekerja di NASA.

"Sejak kecil memang suka Matematika. Kebetulan hobi saya baca buku dan berlatih soal. Saat ini fokus menghadapi ujian agar masuk perguruan tinggi dan semoga nanti bisa bekerja di NASA," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Palembang, Dra Hj Purwiastuti Kusumastiwi, MM menambahkan, selain belajar di sekolah Fahmi juga ditunjang les di luar.

"Kita memang menyediakan kelas khusus binaan bagi anak yang siap dikirim lomba atau olimpiade. Jadi mereka terus dibina agar bisa mewakili sekolah untuk berkompetisi," terangnya. (*)

Penulis: Yuliani
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved