Berita Ogan Ilir

Baru di-BKO di Sumsel, Satu Peleton Anggota Brimob Polda Riau Langsung Menghadapi Kebakaran Lahan

Bermodalkan peralatan seadanya berupa ranting pohon, personil Brimob yang masih muda terlihat bersemangat memadamkan api.

Baru di-BKO di Sumsel, Satu Peleton Anggota Brimob Polda Riau Langsung Menghadapi Kebakaran Lahan
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Tim dari BKO Brimob Polda Riau berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di kawasan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. 

Laporan wartawan sripoku.com, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA --  Satu peleton anggota Brimob Polda Riau yang sudah lima hari ditugaskan mengantisipasi karhutbunla wilayah Sumsel Kabupaten Ogan Ilir (OI), menemukan titik api yang membakar lahan gambut di belakang perumahan Citra Kelurahan Indralaya Kabupaten OI, Senin sore (6/8) pukul 17.00.

Melihat situasi tersebut, tim BKO Brimob Polda Riau yang berjumlah lebih kurang 10 personil langsung terjun dari kendaraan truk yang mereka tumpangi dan seketika berjibaku berupaya memadamkan api yang membakar lahan gambut lebih kurang seluas satu per empat hektar.

Bermodalkan peralatan pemadam api seadanya berupa ranting pohon, personil Brimob yang masih muda terlihat bersemangat memadamkan api.

Tim sempat kewalahan lantaran kondisi angin bertiup kencang menyebabkan api kian membesar ditambah tidak tersedianya pasokan air di lokasi kebakaran lahan.

Api pun menjalar membakar ilalang yang berada di sebelahnya.

Personil yang lain terlihat sibuk memancarkan alat komunikasi berupa Hand Talk (HT). Saat terhubung melalui via jaringan komunikasi HT untuk meminta bantuan petugas gabungan, kesulitan mereka lantaran mereka tidak begitu mengetahui keberadaan Desa yang mengalami kebakaran lahan tersebut.

Mengingat, mereka baru ditugaskan di Kabupaten OI. Kebetulan di lokasi ada warga yang sedang melintas yang langsung memberitahu mengenai titik lokasi lahan yang terbakar yang berjarak lebih kurang lima kilometer dari Jalintim Km 33 Indralaya-Kayuagung.

Barulah beberapa saat kemudian, satu unit kendaraan pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemda Kabupaten OI tiba di lokasi kebakaran lahan.

Kendaraan milik BPBD tersebut langsung menyemprotkan "water canon" ke arah api yang membakar lahan. Selang beberapa menit kemudian, api pun bisa dijinakkan.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti faktor penyebab kebakaran lahan tersebut. Di lokasi, Bripka Yasaruddin dari BKO Brimob Polda Riau yang memimpin personil di lapangan mengatakan, ia bersama sebanyak 34 personil Brimob lainnya yang berasal dari Polda Riau ditugaskan selama satu bulan di wilayah Sumsel tepatnya di Kabupaten OI untuk mencegah Karhutla.

"Kami bertugas disini lebih kurang satu bulan sebelum dan sesudah pelaksanaan Asian Games. Selama bertugas mencegah Karhutla, kami dibawah kendali Polda Sumsel," tutur Bripka Yasaruddin.

Ia menjelaskan, awalnya disaat dirinya bersama personil BKO Brimob lainnya rencana ingin pulang ke kamp usai menggelar patroli Karhutla.

"Saat dalam perjalanan pulang ke kamp, kami menemukan titik api yang membakar lahan. Sontak langsung saja kami berusaha memadamkam api. Alhamdulillah api pun bisa dijinakkan," ujar Bripka Yasaruddin yang mengaku berasal dari Satuan Brimob Polda Riau yang ditugaskan di Kabupaten OI.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved